Home / Ekonomi

Minggu, 5 Maret 2023 - 11:45 WIB

Inflasi Tahunan Gorontalo 5,78 Persen

Bagikan

GM – Kota Gorontalo – Kota Gorontalo mengalami inflasi yang lebih tinggi dari periode Februari 2022. Tahun lalu inflasi year to year (yoy) senilai 1,13%, Februari tahun 2023 mencapai 5,78%. Inflasi yang terjadi di Februari, terbentuk karena meningkatnya Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan ini, dibanding tahun lalu.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provisin Gorontalo mencatat, IHK Gorontalo Februari 2022 senilai 10,48, naik menjadi 112,63 di Februari 2023.

Baca Juga :  Kinerja Pasar Modal Tumbuh Positif, Menjadikan Indonesia Kondusif Buat berinvestasi

“Kalau kita bandingkan rata-rata harga di Februari ini (2023) dengan tahun lalu, kita mengalami perkembangan yang signifikan. Sebenarnya perkembangan indeks harga konsumennya cukup tinggi,” ungkap Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif.

“lebih tinggi dari inflasi yoy nasional yang tercatat sebesar 5,47%,” imbuh Hanief.

Inflasi yoy Kota Gorontalo terjadi karena adanya kenaikan indeks pada 8 kelompok pengeluaran, dua kelompok mengalami penurunan indeks, dan satu kelompok pengeluaran tidak mengalami perubahan indeks.

Baca Juga :  OJK Tempuh 5 Kebijakan Untuk Memperluas Akses Keuangan Masyarakat

Kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks di antaranya kelompok transportasi sebesar 12,26%; kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 9,26%; serta kelompok penyedia makanan dan minuman/restoran sebesar 6,83%.

Sedangkan Kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks yaitu, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar -0,3%, serta kelompok kesehatan sebesar -0,15%.

Baca Juga :  Peringati HUT Korpri ke-51, Marten Taha: Sebagai ASN, Nafasnya itu Disiplin

Sementara itu kabar cukup menggembirakan terjadi pada perkembangan inflasi bulanan atau month to month (mtm). Di mana Februari dibanding Januari 2023, Gorontalo mengalami deflasi senilai 0,3%. Itu menunjukkan pada umumnya harga-harga komuditas kebutuhan masyarakat pada Februari lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya tahun ini.(*as)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Bank Indonesia Gorontalo Sediakan Penukaran Uang Kertas Pecahan Kecil. Berikut Jadwalnya

Ekonomi

OJK Luncurkan Aplikasi iDebKu

Daerah

Bupati Gorontalo Pastikan Perumahan Tenaga Honorer

Ekonomi

QRIS Diterapkan Pada Pembayaran di Pasar

Daerah

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Luncurkan SIAP QRIS

Daerah

Marten A. Taha Buka Pelatihan CBP Rupiah Bagi Para Guru

Ekonomi

BI Yakin Inflasi Gorontalo Sampai Akhir Tahun Terkendali

Ekonomi

Inflasi Gorontalo Lebih Rendah Dari Inflasi Nasional