Home / Ekonomi

Selasa, 27 Desember 2022 - 19:46 WIB

Bank Indonesia Gorontalo Resmikan Mesin Pengering dan Penggilingan Gabah

Bagikan

GM – Kabupaten Gorontalo – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) meresmikan penggunaan Vertical Dry Unit & Rice Milling Unit (DVU & RMU) atau Penggering dan Penggilingan Gabah. Itu merupakan salahsatu wujud dari program Dedikasi Untuk Negeri. Kedua mesin pertanian itu didirikan di Desa Pangadaa, Kecamatan Dungalio, Kabupaten Gorontalo.

Dirangkaikan dengan pemberian bantuan 4 unit traktor roda empat dan 40 unit traktor tangan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia,  bangunan VDU & RMU itu diresmikan penggunaanya. Senin (26/12).

Kepala Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Rony Widijarto Purubaskoro

Kepala kantor Bank Indonesia Gorontalo, Rony Widijarto Purubaskoro, mengatakan, apa yang dilakukan BI itu merupakan tanggapan nyata dari keluhan petani terkait persoalan paska panen padi. Seperti antara lain hasil beras yang menyusut, ketergantungan petani pada panas matahari untuk mengeringkan gabah. Di mana ketika cuaca kurang bersahabat, mereka terhalang untuk mengeringkan gabah untuk selanjutnya digiling menjadi beras.

Baca Juga :  Rangkaian Gorontalo Karnaval Karawo 2023 Diluncurkan Pj. Gubernur Gorontalo

“Bantuan itu kita maksimalkan tidak semata bantuan sosial saja, dan tidak berdampak signifikan.  Kebetulan kita tengah berupaya meningkatkan kinerja pertanian dari hulu hingga hilir,” terang Rony.

Baca Juga :  DPW Garpu Provinsi Gorontalo Gelar Jalan Sehat dan Berbagi Hadiah Kejutan

“Ini bisa menjadi contoh. Di mana perlu diperhatikan pada masa pasca panen. Salah satunya perlunya modernisasi alat pertanian,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, program yang dilaksanakn BI konteksnya berbeda dengan program-program kemeterian teknis atau pun pemerintah daerah. Sehingga Program Dedikasi Untuk Negeri itu, bisa menjadi contoh suatu bentuk bantuan di sektor pertanian, dalam rangka meningkatkan produk pertanian.

Dalam kegiatan peresmian unit penggilingan tersebut, turut dihadiri Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rachmat Gobel, serta beberapa pejabat dari tingkat Provinsi dan Kabupupate Gorontalo, serta perbankkan. Hadir juga kelompok tani penerima bantuan dan masyarakat setempat.

Baca Juga :  Lapas Kelas IIB Pohuwato Tampilkan Hasil Kerativitas Warga Binaan Pada Pameran Hut Ke-20 Pohuwato

Nantinya, bangunan peneringan dan penggilingan itu, akan dikelola sebuah koperasi untuk digunakan para petani. Dengan demikian diharapkan bantuan tersebut termanfaatkan secara maksimal baik oleh para petani.

Penyerahan Bantuan Paket Sembako Program Dedikasi Untuk Negeri Bank Indonesia

selain mesin pengering dan penggilingan padi itu, melalui program Dedikasi Untuk Negeri itu, Bank Indonesia juga menyerahkan bantuan bahan pokok kepada masyarakat.(*as)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Depresiasi Rupiah Belum Berdampak Pada Ekonomi Gorontalo

Ekonomi

Pemprov Jaga Tidak Terjadi Kelangkaan Barang dan Lonjakan Harga

Daerah

Batu Hitam Dilirik Jadi Sumber PAD Bone Bolango

Ekonomi

Kemandirian Fiskal Tingkatkan Angka Kemiskinan

Ekonomi

OJK dan KPK Gelar Workshop Penegakan Hukum di Bidang Pasar Modal

Ekonomi

Inflasi Tahunan Gorontalo 5,78 Persen

Ekonomi

BI Apresiasi Pelaku Usaha Yang Responsif Dalam Survei

Ekonomi

Bulog Gorontalo Ajukan Tambahan 1000 Ton Beras