Home / Ekonomi

Kamis, 22 September 2022 - 07:58 WIB

Sarana dan Prasarana Tanam Cabai Rawit senilai 50 Juta Disiapkan Pemerintah Desa Leboto

Bagikan

GM – Gorontalo Utara – Mengatisapi tingginya harga cabai rawit di pasar, Kelompok Tani Sehati, Desa Leboto, Gorontalo Utara, menanam bibit cabai rawit, di sebuah lahan tak terpakai di desa tersebut. Jamak terjadi di Gorontalo, cabai rawit atau rica, menjadi salah satu bahan pangan yang paling dicari masyarakat. Pasalnya cabai rawit telah menjadi bagian tak terpisahkan dari menu wajibnya setiap hari. Belum tingginya permintaan cabai rawit dari luar Gorontalo. Sehingga sering kali harganya begitu melangit dan mampu menggeret naiknya inflasi di Gorontalo.

Baca Juga :  Tembus Rp40 Milyar, Bansos di Kabupaten Gorontalo Tertinggi di Provinsi Gorontalo

Upaya kelompok itu disambut baik Pemerintah Desa Leboto, khususnya oleh Kepala Desanya, alvian M. Ali, di samping menyediakan cabai rawit sendiri, dan meningkatkan perekonomian warganya. Selain itu, upaya menanam cabai rawit juga menjadi langkah nyata pemerintah desa, mendukung ketahanan pangan nasional.

Kepala desa yang akrab dipanggil ayahanda tersebut menargetkan, dapat menanam bibit cabai rawit di atas lahan seluas 16 hektar. Di mana kebutuhan satu hektarnya 15 -20 ribu bibit. Menurut pengakuan ayahanda, saat ini, Kelompok Tani Sehati baru mampu menumbuhkan bibit cabai rawit sebanyak 200 ribu buah. Untuk memenuhi targetnya itu, masih diperlukan banyak bibit cabai rawit siap tanam.

Baca Juga :  Pengukuhan TRC Satlinmas di Desa

Untuk mendukung pembiayaan proyek percontohan itu, diakui ayahanda Alvian, pemerintah desa telah menganggarkan dana yang bersumber dari dana desa, yang jumlahnya cukup lumayan.

Baca Juga :  Bimtek Peningkatan Kreatifitas Pelaku Ekonomi Kreatif Go Digital 2022

“Untuk mendukung upaya penanaman bibit cabai rawit di Desa Leboto ini, kami telah menyediakan anggaran senilai 50 juta rupiah, yang digunakan untuk menyediakan sarana dan prasaran penanaman cabai rawit,” akunya.

“Sedangkan untuk dukungan jasa senilai 30 juta rupiah,” imbuhnya

Dengan dibuatnya lahan cabai rawit percontohan oleh Kelompok Tani Sehati, ayahanda berharap hasilnya dapat meningkatkan ekonomi warganya, serta mampu menjaga ketahanan pangan di desanya. Khususnya cabai rawit. (*as)

Share :

Baca Juga

Daerah

Aparat Sipil Negara Bone Bolango Akan Terima Gaji 13 di Juni

Ekonomi

Hadiah Pahit Bagi Petani di HUT Gorontalo

Ekonomi

Rachmat Gobel Minta Penerima Bantuan Alsintan Lebih Bertanggung Jawab

Daerah

Gaji Ke-13 ASN Mulai Dicairkan Hari Ini

Daerah

Dalam Rangka Memperingati HUT Provinsi ke-22, Pemprov Gorontalo Gelar Pasar Murah

Ekonomi

UMKM di Gorontalo Berkesempatan Mengikuti Gebyar Kurasi UMKM 2023 Bank Indonesia

Ekonomi

QRIS Diterapkan Pada Pembayaran di Pasar

Ekonomi

Hamim Pou Akan Manfaatkan Penerbangan Manado-Narita Untuk Ekspor Tuna Bone Bolango