Home / Ekonomi

Senin, 12 Desember 2022 - 19:59 WIB

Penjabat Gubernur Gorontalo Buka HLM Tim Pengendali Inflasi Daerah

Bagikan

GM – Kota Gorontalo – Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo Hamka Hendra Noer, membuka langsung High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Gorontalo. Acara dilaksanakan di Aula Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo. Senin (12/12).

Pada kesempatan tersebut, Penjagub Gorontalo menyampaikan kepada seluruh peserta pertemuan, kondisi pertumguhan ekonomi Gorontalo, baik itu triwulan III-2022, dan berbagai dampak fluktuasi harga menjelang akhir tahun 2022.

Baca Juga :  Bazar UMKM Peringati Hari Bakti Perbendaharaan Ke-19 di Gorontalo

“Petumbuhan Ekonomi Gorontalo pada triwulan III/2022, sebesar 4,09 persen year on year, melambat dari triwulan II/2022, yang sebesar 4,91 persen,” ungkap Hamka Hendra Noer.

Pada triwulan III/2022, Penjabat Gubernur Gorontalo itu mengatakan, sektruktur perekonomian Gorontalo dari sisi produksi, masih didominasi oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan, dengan kontribusi sebesar 38,02 persen.

Suasana High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah Gorontalo

Satu yang cukup mengembirakan, sekaligus membuktikan keberhasilan pengendalian inflasi di daerah, di tengah dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), November 2022 Gorontalo mengalami deflasi sebesar 0,05 persen. hal itu menunjukan, TPID Gorontalo berhasil mengendalikan fluktuasi harga kebutuhan masyarakat. Di mana meski BBM naik, tidak serta merta diikuti kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Bone Bolango Sabet Penghargaan Satyalencana Wira Karya dari Presiden

“Capaian inflasi year on year Gorontalo, masih di bawah nasional yang sebesar 5,42 persen, dan telah melewati ambang batas 3 +/- 1,” kata Hamka.

Baca Juga :  Tunggakan Iuran Peserta Mandiri BPJS Kesehatan di Gorontalo Capai 35,7 Milyar

Lanjutnya, Sinergi dan kerjasama yang baik antara pemerintah provinsi dan kabupaten-kota, Bank Indonesia dan komitmen seluruh stakeholders, terbukti mampu menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi yang tumbuh positif, dan terjaganya daya beli masyarakat, melalui stabilitas harga yang ada di Gorontalo. (*as)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Luncurkan SIAP QRIS

Ekonomi

Pj. Gubernur Gorontalo Minta Semua Pihak Sukseskan Sensus Pertanian

Daerah

PESIAR Wujud Nyata Inovasi Dalam Pelayanan Kesehatan
HLM TPID Kab Gorontalo

Ekonomi

TPID Kabupaten Gorontalo Gelar High Level Meeting

Ekonomi

Kemandirian Fiskal Tingkatkan Angka Kemiskinan

Ekonomi

UMKM di Gorontalo Berkesempatan Mengikuti Gebyar Kurasi UMKM 2023 Bank Indonesia

Ekonomi

Sensus Pertanian Menggali Permasalahan Faktual Petani Indonesia

Ekonomi

Produksi Udang Vaname 2 Ton Per Triwulan