Home / Ekonomi

Minggu, 12 Maret 2023 - 13:13 WIB

Dian Nugraha Pimpin Bank Indonesia Gorontalo

Bagikan

GM – Kota GorontaloDian Nugraha resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Gorontalo, menggantikan Rony Widijarto Purubaskoro, yang kini menjabat sebagai Plt. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nanggroe Aceh Darrusalam. Dia dikukuhkan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo.

Dian Nugraha sebelumnya menjabat sebagai Analis Eksekutif Departemen Regional. Upacara pengukuhan dilaksanakan pada Jumat (10/3), di Ballroom KPwBI Provinsi Gorontalo.

Pengukuhan tersebut dihadiri Penjabat Gubernur Gorontalo, Forkopimda Provinsi Gorontalo, Kepala Daerah, Pimpinan Lembaga Vertikal, Pimpinan Satuan Kerja Bank Indonesia Pusat dan koordinator wilayah Sulampua, Pimpinan Perbankan, Pimpinan Media Relasi serta Mitra Strategis Bank Indonesia di wilayah kerja KPw BI Provinsi Gorontalo.

Baca Juga :  Petani di Ujung 2022 Usaha Pertaniannya Merugi

Pj. Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia atas kerjasamanya dalam membangun perokonomian Provinsi Gorontalo. Bank Indonesia sejak saat berdiri telah banyak memberikan sumbangsih. Lebih lanjut disebutkan, Bank Indonesia merupakan mitra strategis dalam hal pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, dan peningkatan transaksi digital. Selain itu Bank Indonesia juga berhasil mendorong pengembangan UMKM.

Hamka menyampaikan tiga pesan penting kepada Bank Indonesia Gorontalo. Pertama, Pemerintah Daerah siap bersinergi dan berkoordinasi dengan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo. Dua, digitalisasi sebagai alat pembangkit perekonomian yang diharapkan dapat ditingkatkan inovasi dan kreatifitasnya, guna membangun perekonomian khususnya untuk pengembangan UMKM. Ketiga, Bank Indonesia telah berkontribusi positif nyata dalam pengembangan ekonomi di Gorontalo, serta telah menjadi mitra pemerintah daerah dalam membangun perekonomian.

Baca Juga :  Tanam Bibit Cabai Rawit di Lingkungan Santri Pondok Pesantren Hubulo

“Saya berharap, kemitraan yang sudah terjalin selama ini, agar dapat dioptimalkan lebih baik lagi ke depan,” harap Hamka Hendra Noer.

Deputi Gubernur BI Apresiasi Pj. Gubernur Gorontalo

Sementara itu, Deputi Gubernur Dody dalam sambutannya juga mengapresiasi Pj. Gubernur Provinsi Gorontalo beserta jajaran, atas capaian pengendalian inflasi dan komitmen penuh dalam hal mendorong UMKM untuk naik kelas.

“Bank Indonesia akan senantiasa berkomitmen untuk menjaga kepercayaan, guna terus melakukan inovasi dan sinergi dalam rangka mewujudkan transformasi ekonomi di negeri ini,” terang Dody.

Baca Juga :  Sensus Pertanian Menggali Permasalahan Faktual Petani Indonesia

Deputi Gubernur Dody juga menyampaikan beberapa hal yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Di antaranya adalah pentingnya menjaga stabilitas dan ketahanan pangan. Kemudian, pentingnya kebangkitan ekonomi dan prospek di mana ekonomi harus dibangun dengan investasi. Serta diperlukan juga adanya inklusifitas ekonomi melalui pengembangan UMKM.

Terakhir, terdapat tiga pesan penting yang disampaikan oleh Deputi Gubernur Dody yaitu agar Bank Indonesia senantiasa menjaga tekanan inflasi, mendorong pertumbuhan dan transformasi ekonomi di daerah, serta mengakselerasi digitalisasi keuangan.

“Sinergi dan kerjasama antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Daerah harus tetap dimasifkan untuk kemajuan provinsi Gorontalo,” pesan Deputi Gubernur Bank Indonesia itu.(*as)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

BPS Gaet Media Massa Untuk Sosialisasikan Regsosek 2022

Daerah

Sandiaga Uno Luncurkan Iven Wisata 2023 di Kabupaten Gorontalo

Ekonomi

Pj. Gubernur Gorontalo Minta Semua Pihak Sukseskan Sensus Pertanian

Ekonomi

Penyerahan Sertifikat Halal Bagi UMKM

Ekonomi

Akhir Tahun Gorontalo Alami Inflasi

Ekonomi

Kades Lunggala Akui Kampung Cumi Pertama di Dunia

Ekonomi

Wali Kota Gorontalo Jamin Ketersedian dan Stabilitas Harga Bahan Kebutuhan Masyarakat

Ekonomi

Masyarakat Masih Bisa Tukar Uang Kertas Pecahan Kecil, Ini Jadwalnya.