Home / Ekonomi

Senin, 10 Oktober 2022 - 09:09 WIB

Tingkat Penghunian Kamar Hotel Merosot

Bagikan

GM – Kota Gorontalo – Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel, baik itu hotel berbintang maunpun tidak berbintang, merupakan salah satu gambaran produktifitas usaha jasa akomodasi di suatu daerah. TPK ini juga menjadi parameter fluktuasi jumlah orang menginap di hotel.

Agustus 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo mencatat, TPK hotel berbintang di Gorontalo sebesar 44,56 persen dari total jumlah kamar hotel yang tersedia di Gorontalo. Angka tersebut menurun dibanding Juli 2022, yang tercatat sebesar 44,76 persen. Itu menunjukkan adanya penurunan TPK Hotel berbintang sebesar 0,20 poin.

Baca Juga :  OJK Luncurkan Lokasi Baru Kontak 157 Untuk Perkuat Layanan Konsumen Sektor Jasa Keuangan

Sementara itu, TPK hotel tidak berbintang, tingkat penurunannya lenih tinggi dibanding hotel berbintang. BPS Provinsi Gorontalo mencatat, Agustus 2022, TPK hotel tidak berbintang senilai 17,70 persen. Turun benesar 0,94 poin dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat senilai 18,64 persen.

“Di Gorontalo, Tingkat Penghunian Kamar tidak hanya ditentukan oleh tamu wisatawan, tetapi juga oleh adanya konfensi-konfensi atau meeting yang diadakan instansi pemerintah,” ungkap Kepala BPS Provinsi Gorontalo.

Tabel Fluktuasi Tingkat Penghunian Hotel di Gorontalo. Sumber BPS Provinsi Gorontalo.

Lebih lanjut Mukhamad Mukhanif menambahkan, TPK hotel berbintang Agustus 2022, jika dibanding dengan periode yang sama tahun 2021, tercatat TPK hotel berbintang di Gorontalo meningkat sebesar 10,40 poin. Saat itu BPS Provinsi Gorontalo mencatat, TPK-nya senilai 34,16 persen.

Baca Juga :  Masyarakat Diminta Sukseskan Sensun Pertanian 2023

Menurut Hanief, Mei – Agustus, naik turunnya Tingkat Penghunian Kamar di Gorontalo cenderung landai, tidak fluktuatif seperti tahun-tahun sebelumnya. Di mana TPK Hotel dari Mei – Juli naik tipis dan TPK hotel Agustus 2022 turun sedikit.

“Melihat tren Tingkat Penghunian Kamar Hotel berbintang, menjelang akhir tahun pada umumnya akan naik, terlihat dari tren pada 2020 dan 2021,” ujar Hanief.

Baca Juga :  Festival Pesisir 2022 Meriahkan Hari Jadi Kecamatan Biluhu
Tabel Tren Pergerakan Tingkat Penghunian Kamar Hotel di Gorontalo. Sumber BPS Provinsi Gorontalo.

Selanjutnya dia berharap, dengan tidak ada pembatasan, layaknya saat Pandemi Covid-19 menyerang Gorontalo, Tingkat Penghunian Kamar hotel di Gorontalo terus meningkat. Itu bearti jumlah warga yang menginap di hotel terus bertambah.

Sementara itu, lama tamu menginap di hotel, Agustus 2022 lebih lama dibandingkan bulan sebelumnya. Tercatat lama tamu menginap di holeh pada Agustus selama 2,05 hari. Lebih lama menginap 0,34 poin, dibanding Juli 2022, di mana mereka rata-rata meninap di hotel selama 1,71 hari.(*as)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Produksi Coco Fiber & Coco Feat Bakal Beroperasi Kembali

Ekonomi

Dua Kabupaten Belum Termasuk Daerah Berstatus UHC

Daerah

Bupati Gorontalo Pastikan Perumahan Tenaga Honorer

Ekonomi

QRIS Diterapkan Pada Pembayaran di Pasar

Ekonomi

Sarana dan Prasarana Tanam Cabai Rawit senilai 50 Juta Disiapkan Pemerintah Desa Leboto

Ekonomi

Perserta PTBI Bernyanyi dan Bergoyang Bersama Citra Scholastika

Ekonomi

Bank Indonesia Gorontalo Sediakan Penukaran Uang Kertas Pecahan Kecil. Berikut Jadwalnya

Ekonomi

Dian Nugraha Pimpin Bank Indonesia Gorontalo