Home / Ekonomi

Sabtu, 20 Mei 2023 - 10:35 WIB

Produksi Udang Vaname 2 Ton Per Triwulan

Bagikan

GM – Bone Bolango – Budidaya Udang Vaname di Desa Tolotio, Kecamatan Bonepantai sangat menjanjikan. Terbukti per triwulannya mempu berproduksi hingga 2 ton. Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengungkapkan, pada awalnya membudidayakan 175 ribu ekor bibit udang vaname menggunakan wadah terpal.

“Diperkirakan hasil panen kali ini mencapai 2 ton. Jika dihitung harga pasar harganya Rp70.000 per kilogram atau harga bersihnya Rp50.000 per kilogram hasilnya sudah bisa mencapai Rp100.000.000,” ungkap Hamim Pou. Hal itu diungkapkannya saat panen udang vaname di lokasi tambak Desa Tolotio, Kecamatan Bonepantai, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga :  Lima Arah Kebijakan Bank Indonesia 2023

Dia berpesan kepada masyarakat yang ada di lokasi tersebut, agar ulet, telaten dan sabar dalam membudidayakan udang vaname. Dia juga berpesan agar tidak selalu berharap bantuan dari Pemerintah Daerah.

Baca Juga :  Jembatan Upomela-Huntuhulawa kembali Longsor

“Kenyataannya hari ini ada beberapa tambak yang kami bangun di sini tidak beroperasi karena masyarakat hanya menunggu bantuan dari pemerintah untuk beli bibit, pelet, hingga aliran listrik, padahal pemerintah sudah memfasilitasi sejak awal,” ujar Hamim.

Untuk mengatasi ketergantungan terhadap bantuan dari Pemerintah Daerah, Hamim pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditawari oleh dunia perbankan. Di mana nominalnya bisa mencapai Rp500.000.000, dengan bunga yang hanya berkisar di angka 6 persen.

Baca Juga :  Inflasi di Kabupaten Gorontalo Diakui Masih Hijau

“Jika masyarakat memanfaatkan ini dengan meminjam misalnya Rp100.000.000, dalam setahun yang dikembalikan hanya 106 juta rupiah. Kita bisa hitung manfaatnya untuk masyarakat yang begitu besar,” pungkasnya. (*as – Tim Redaksi IKP/Humas/Kominfo)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Kades Lunggala Akui Kampung Cumi Pertama di Dunia

Ekonomi

DPW GARPU Provinsi Gorontalo Gelar Festival Alanggaya Buliya

Ekonomi

NTP Gorontalo Terendah di Kawasan Timur Indonesia

Ekonomi

BPS Gaet Media Massa Untuk Sosialisasikan Regsosek 2022

Ekonomi

NTP di Gorontalo Besarnya Konsisten Turun

Ekonomi

Kemandirian Fiskal Kabupaten Gorontalo Tergolong Belum Mandiri

Ekonomi

Masyarakat Kota Gorontalo Butuh Uang Pecahan Kecil 7 Milyar Rupiah Untuk Zakat Fitrah

Ekonomi

Pertambangan Berpotensi Jadi Sumber Ekonomi Baru di Gorontalo