Home / Ekonomi

Rabu, 31 Mei 2023 - 19:19 WIB

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango Siap Sukseskan ST2023

Bagikan

GM – Bone Bolango – Satu hari menjelang pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) digelar di halaman Kantor Bupati Bone Bolango. Menurut rencana, ST2023 akan dilaksanakan dari 1 Juni -31 Juli 2023.

Apel siaga itu menjadi tanda kesiapan para petugas ST2023 dari Balai Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bone Bolango, mengumpulkan dan mendata informasi di bidang pertanian, kepada para petani dan warga pemilik usaha di bidang pertanian.

Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli saat memimpin apel mengungkapkan, Sensus Pertanian 2023 (ST2023) kali ini mengangkat tema “Mencatat Pertanian Indonesia untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani”. Di samping itu Merlan menegaskan, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango siap menyukseskan ST2023.

Baca Juga :  OJK Fokus Penguatan Pengawasan dan Penyelesaian Kasus di IKNB

“Selaku Pimpinan Daerah Kabupaten Bone Bolango, saya menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya Kegiatan Sensus Pertanian 2023 atau ST202. Karena ini merupakan kegiatan nasional untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat untuk bahan perencanaan maupun evaluasi hasil-hasil pembangunan di sektor pertanian,” ujar Wakil Bupati Bone Bolango itu.

Baca Juga :  Kabupaten Bone Bolango Targetkan 20 Ribu Anak Punya KIA

Lebih lanjut Merlan menjelaskan, sensus pertanian merupakan kegiatan akbar yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), setiap sepuluh tahun sekali. Yaitu pada tahun yang berakhiran angka 3. Sensus Pertanian 2023 mendatang merupakan yang ketujuh. Di mana sensus pertanian sebelumnya telah dilaksanakan oleh BPS mulai tahun 1963, 1973, 1983, 1993, 2003, dan 2013.

Dia mengatakan, sektor pertanian memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat, khususnya di Kabupaten Bone Bolango.

Baca Juga :  Pelantikan Pengurus DPW Garpu Provinsi Gorontalo

“Hingga tahun 2022, pertanian tetap menjadi sektor dengan kontribusi terbesar terhadap PDRB Kabupaten Bone Bolango. Hal ini juga diimbangi dengan penyerapan tenaga kerja sektor pertanian yang menempati posisi pertama,” terang Merlan.

Dia berharap SensusPertanian 2023 (ST2023) di Kabupaten Bone Bolango mampu memberikan gambaran komprehensif terkait kondisi pertanian, sehingga dapat menjadi rujukan pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam melakukan penyusunan kebijakan strategis. Khususnya di sektor pertanian. (*as – https://berita.bonebolangokab.go.id/)

Share :

Baca Juga

Daerah

Sandiaga Uno Luncurkan Iven Wisata 2023 di Kabupaten Gorontalo

Ekonomi

Kenaikan BBM Belum Pengaruhi Kenaikan Harga makanan Selama September

Ekonomi

NTP di Gorontalo Terus Turun

Ekonomi

Bensin Menjadi Penyumbang Inflasi Tertinggi

Ekonomi

Bimtek Peningkatan Kreatifitas Pelaku Ekonomi Kreatif Go Digital 2022

Ekonomi

Peresmian Pojok Statistik Pertama di Gorontalo

Ekonomi

Inflasi Gorontalo Lebih Rendah Dari Inflasi Nasional

Ekonomi

Mulai 1 Juli 2023 Usaha Mikro Dikenakan MDR Sebesar 0,3% Setiap Transaksi