Home / Politik

Minggu, 8 Januari 2023 - 19:38 WIB

Ujian Prekrutan PPS Gunakan Sistem Komputerisasi

Bagikan

GM – Kabupaten Gorontalo – sejak 6-8 Januari 2022, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar seleksi tertulis, perekrutan calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), untuk membantunya melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024.

Berbeda dengan perekrutan Anggota PPS pada pemilu sebelumnya, ujian tertulis kali ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), atau komputerisasi. Tidak lagi secara manual.

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Rasid Patamani, menjelaskan, penggunaan sistem CAT itu, salah satunya bertujuan mengeleminir dugaan kecurangan dalam pelaksanaan ujian. Seperti kebocoran soal, saling contek, pengaturan soal dan jawaban, serta berbagai kecurangan yang diduga mungkin saja terjadi.

Pelaksanaan Ujian Dengan Sistem CAT Pada Perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kecamatan Dungalio, Kabupaten Gorontalo

hal itu disampaikannya saat ditemui ketika memantau pelaksanaan ujian di SMA 1 Dungalio, sebagai salah satu tempat dari delapan titik pelaksanaan ujian perekrutan Calon Anggota PPS. Minggu(08/01/2023).

Baca Juga :  Peringatan Ke-94 Hari Ibu Nasional 2022 dan Pentingnya Memahami UU 12/2022

Di samping itu, dengan sistem CAT, peserta ujian setelah selesai mengerjakan 75 soal ujian, akan langsung mengetahui nilai yang diperolehnya. Dan panitian dalam waktu lima sampai sepuluh menit dapat mengumumkan siapa-siapa yang lolos ke tahapan selanjutnya.

Baca Juga :  Nelson: FDPL Milik Pemerintah Kabupaten Gorontalo

“Ya, yang jelas dengan adanya CAT ini, mereka akan tahu sendiri nilainya. Jika mereka tidak masuk enam besar, ya sampai di situ kira-kira kemampuan atau hasil kerja mereka. Kalau kemarin-kemarinkan ya mungkin masih cara manual, yang mungkin ada beberapa hal dugaan dalam tanda kutip kecurangan,” terang Rasid Patamani.

Dia juga menginformasikan, setelah dinyatakan lulus seleksi tertulis itu, para calon Anggota PPS akan mengikuti tahapan wawancara, yang akan dilaksanakan pada 15-17 Januari 2022. Natinya dari enam orang yang lolos seleksi dari tiap desa, KPU Kabupaten Gorontalo akan memilih tiga orang sebagai Anggota PPS. Sementara tiga orang lainnya akan menjadi Penganti Antar Waktu (PAW). Ketiganya itu disiapkan untuk mengantikan Anggota PPS, jika mereka di tengah jalan pelaksanaan rangkaian kegiatan Pemilu berhalangan tetap.

Baca Juga :  Pemilu Harus Mengutamakan Jujur dan Adil

Pada penjaringan Petugas Pemungutan suara untuk Pemilu 2024, diikuti oleh 1622 Peserta. Di mana pelaksanaan ujian dengan sistem CAT itu dibagi dalam tiga Gelombang, dan dilaksanakan serentak di delapan titik di kabupaten Gorontalo.(*as)

Share :

Baca Juga

Politik

KPU Gorontalo Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024

Politik

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Mengaku Akan Pikir-Pikir Langkah Hukum Selanjutnya

Politik

Sawaludin Dampingi Bacaleg PPP Ke KPU Pohuwato

Politik

Ada Apa Dengan Adhan dan Sawaludin

Politik

Bang Sawal: Niat Baik Saya Bagi Masyarakat Gorontalo Didukung PPP

Politik

Pendaftaran PPS Hingga 30 Desember 2022

Politik

Ada Sawaludin di Acara ORARI Daerah Gorontalo

Politik

Sawaludin Optimis Raup Banyak Suara Bagi PPP Gorontalo