Home / Sosial dan Budaya

Jumat, 30 September 2022 - 19:52 WIB

Tunggakan Iuran Peserta Mandiri BPJS Kesehatan di Gorontalo Capai 35,7 Milyar

Bagikan

GM – Kota Gorontalo – Di samping pemerintah memberita kemudahan dan bantuan pembayaran iuran kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, agar warganya terjamin kesehatanya, pemerintah juga berharap jumlah kepesertaan mandiri aktif terus meningkat. Di mana setiap peserta membayar iuran kepesertaan secara mandiri, tepat waktu, dan tanpa bantuan pembayaran iuran dari pemerintah.

Namun untuk mencapainya tidaklah gampang. Terlebih saat ini jumlah peserta mandiri tidak sejalan dengan ketaatan mereka membayar iuran tepat waktu. Dengan kata lain saat ini banyak peserta mandiri yang nunggak alias tidak bayar iuran secara rutin.

Baca Juga :  AMSI Gorontalo Gelar Pelatihan Literasi Berita

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo, Mohamad Yusrizal, mengungkapkan, dari total peserta BPJS Kesehatan mandiri di Gorontalo, lebih dari setengahnya menunggak iuran, dan jaminan kesehatannya tidak lagi aktif.

“Jumlah peserta mandiri yang terdaftar di BPJS Kesehatan Gorontalo sampai September ini diangka 58 ribu jiwa. Di mana 35 ribu jiwa di antaranya menunggak iuran,” ungkap Yusrial.

Baca Juga :  Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo Berupaya Melestarikan Bahasa Daerah, Mengembangkan dan Menginternasionalkan Bahasa Indonesia

“Dengan total tunggakan sampai dengan saat ini, mencapai 35,7 milyar rupiah,” imbuhnya.

Untuk menekan jumlah peserta yang menunggak dan sudah tidak aktif itu, serta meringakan peserta membayar tunggakan, BPJS Kesehatan telah meluncurkan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB). Di mana bagi peserta yang telah menunggak lebih dari 24 bulan (2 tahun), semisal menunggak 36 bulan atau lebih, bisa membayar tunggakkannya selama 24 bulan saja, dan dibayar mengangsur selama 12 kali dalam 12 bulan.

Baca Juga :  Beri Tausiyah di Masjid Darul Arqam, Ini Pesan Sawaludin

Mohamad Yusrizal berharap, dengan adanya program REHAP, peserta mandiri yang telah menunggak dapat membayar tunggakanya dengan mudah. Sehingga jaminan kesehatannya aktif kembali. Ia mengingatkan agar seluruh peserta membayar iuran secara rutin, sebelum tanggal 10 tiap bulannya.(*as)

Share :

Baca Juga

Daerah

Perekaman Data Administrasi Kependudukan di Kab. Gorontalo Telah Capai 99,4 persen

Sosial dan Budaya

Meriahkan Maulid Nabi Dengan Berbagai Tolangga

Olahraga

Idham Holik Apresiasi KPU Gorontalo dan AMSI Gelar Sekolah Literasi Pemberitaan

Daerah

Bupati Gorontalo Buka Silaturahmi Aparat Sipil Negara Yang Akan Berhaji

Sosial dan Budaya

Desa Hutadaa Kabupaten Gorontalo Menjadi Sasaran Banjir Saat Musim Hujan

Sosial dan Budaya

Puncak Arus Balik Lebaran 2023 di Bandara Djalaludin

Sosial dan Budaya

Warga Binaan Lapas Ikut Pendataan Regsosek 2022

Daerah

Dinas DLH dan Dinkes Kabupaten Gorontalo Bangun Klinik, Lindungi Pengabdi Lingkungan