Home / Daerah / Ekonomi

Senin, 28 November 2022 - 11:37 WIB

Tembus Rp40 Milyar, Bansos di Kabupaten Gorontalo Tertinggi di Provinsi Gorontalo

Bagikan

GM – Kabupaten Gorontalo – Penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat di Kabupaten Gorontalo untuk Oktober, November dan Desember tahun ini, terbesar di Provinsi Gorontalo. Jumlahnya mencapai lebih dari 40 milyar rupiah.

Meski masyarakat Kabupaten Gorontalo yang berhak memperoleh bantuan sosial, namun Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berpesan, agar masyarakat penerima bansos kususnya dan masyarakat pada umumnya, bisa produktif dengan berkerja dan berusaha. Hal itu disampaikan Nelson, saat memantau penyerahan bantuan di sejumlah desa di Kecamatan Tilango dan Telaga. Minggu (27/11).

“Saya menghimbau walaupun dapat bantuan, usaha tetap jalan, tetap bekerja, tetap bertani. Karena bantuan ini hanya sementara, tapi usaha itu yang bisa meningkatkan kesejahteraan,” pinta Nelson.

Baca Juga :  Mulai 1 Juli 2023 Usaha Mikro Dikenakan MDR Sebesar 0,3% Setiap Transaksi

Ia menambahkan pemberian bantuan itu, sebagai upaya pemulihan pasca Pandemi Covid-19, juga karena dampak dari kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Karena itulah, penyaluran bantuan terus dipercepat agar masyarakat menerima manfaatnya.

Nelson juga meminta warga untuk bijak membelanjakan uang yang diterima, sehingga bisa bermanfaat bagi keluarga.

“Saya minta kepada masyarakat menerima ini dengan baik, dengan senang walaupun terbatas,” pungkasnya.

Ia pun mengakui, besarnya bansos di Kabupaten Gorontalo karena data yang valid. Karenanya dirinya meminta kepada semua kepala desa agar memasukan data yang valid, tapi paling penting tepat sasaran bansos.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Berfoto Bersama Para Pejabat dan Penerima Bantuan Sosial. Foto Diskiminfotik Kab. Gorontalo.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Dr. syamsul Baharuddin menjelaskan jumlah penerima bantuan untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kurang lebih 44.000 Keluarga Penerima Manfaat atau KPM. Setiap KPM menerima bantuan tunai sebesar Rp600.000 untuk periode 3 bulan (Oktober, November, Desember).

Baca Juga :  Bazar Ramadan "The Light of Ramadan"

Untuk Program Keluarga Harapan (PKH), disalurkan pada kurang lebih 25.000 ribu kepala keluarga. Setiap keluarga menerima bervariasi sesuai kebutuhan dari hasil pendataan, maksimal menerima Rp2.400.000 per keluarga. Selain itu, untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Subsidi BBM jumlah penerimanya kurang lebih 48.000 ribu KPM

“Jadi total bantuan sosial (Bansos) yang diterima Kabupaten Gorontalo pada penyaluran bulan ini kurang lebih Rp40 miliar, dan target penyaluran akan diselesaikan dalam 10 hari ke depan,” ungkap Syamsul Baharuddin.

Baca Juga :  Inflasi Gorontalo Lebih Rendah Dari Inflasi Nasional

Ia melanjutkan, besarnya anggaran bansos yang diterima Kabupaten Gorontalo saat ini, adalah berkat kegigihan pemerintah daerah dalam memperjuangkan nasib rakyat yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

“Agar mendapatkan bantuan sembako dan dana tunai dari pemerintah pusat mengingat keterbatasan dana daerah. Berulang kali tanpa lelah pimpinan daerah Bupati Gorontalo bolak balik ke Kementerian Sosial RI untuk memastikan Kabupaten Gorontalo mendapatkan bantuan sosial yang maksimal untuk rakyat,” tutup Kadis Sosial.(*as/ https://gorontalokab.go.id/ )

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Tingkat Penghunian Kamar Hotel Merosot

Daerah

Bupati Gorontalo Sambut Hangat Kedatangan Pj. Gubernur Gorontalo

Ekonomi

Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Naik

Ekonomi

Bank Mandiri Bina UMKM Hingga Mampu Bersaing di Tingkat Nasional dan Internasional

Daerah

Bupati Gorontalo Minta Penjualan Obat Sirup Anak Dihentikan Sementara

Daerah

Pedoman Dalam Al quran dan Hadist Harus Dilaksanakan

Daerah

Inflasi di Kabupaten Gorontalo Diakui Masih Hijau

Ekonomi

Bank Indonesia Akan Buka Layanan Penukaran Uang Terpadu Kota Gorontalo