Home / Ekonomi

Senin, 13 Februari 2023 - 19:56 WIB

Pembentukan Kapasitas dan Studi Tiru TP2DD Kab. Bone Bolango

Bagikan

GM – Makassar – Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Bone Bolango dan KPwBI Provinsi Gorotalo berkolaborasi gelar Capacity Building dan Study Banding 2023 . Kegiatan tersebut diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan. Kamis (09/02/2023).

Capacity Building dan Study Banding ini merupakan inisiasi TP2DD Kabupaten Bone Bolango, dan sebagai bentuk tindak lanjut High Level Meeting (HLM) TP2DD, yang telah dilaksanakan pada Senin, 6 Februari 2023. Kegiatan itu dirangkaikan dengan peluncuranProgram Pejuang QRIS Gorontalo (PARIS GO!!) oleh KPwBI bersama seluruh perwakilan TP2DD se-Provinsi Gorontalo.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan awareness seluruh Pemerintah Daerah (Pemda), agar dapat mempercepat elektronifikasi pembayaran pemerintah. Selain itu juga dilakukan sharing session bersama Pemda Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar dan Kabupaten Luwu, yang merupakan pemenang championship TP2DD pada tahun 2022. Sehingga diharapkan dapat menambah referensi kepada Pemda di wilayah Provinsi Gorontalo, dalam melakukan inovasi perluasan elektronifikasi Pemda. Sedangkan program PARIS GO!! bersama Pemda dilakukan KPwBI Gorontalo untuk memotivasi dan mengapresiasi yang diberikan kepada pemda yang dapat memanfaatkan dengan maksimal pembayaran pajak/retrbusi menggunakan kanal QRIS.

Baca Juga :  Pemasaran Digital Dinilai sebagi Salah Satu Cara Bagi UMKM Bersaing di Pasar Global

“Percepatan dan perluasan elektronifikasi Pemda, perlu dilakukan kolaborasi, inovasi dan sinergi program kerja, sehingga dapat memberikan dampak terhadap peningkatan PAD yang akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Dian Nugraha.

Baca Juga :  TPID Kabupaten Gorontalo Gelar High Level Meeting

Kegiatan di Kota Makassar dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 9-10 Februari 2023. Pada hari pertama, dilakukan seremonial pembukaan acara yang dirangkaikan dengan Launching PARIS GO!! dan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari berbagai narasumber terkait Penguatan, Success Story dan Program Unggulan TP2DD, Evaluasi Elektronifikasi Transaksi Pemda dan Kesiapan Pemda dan BPD dalam Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Domestik. Pada hari kedua, dilaksanakan Studi Banding ke Pemerintah Kota Makassar dengan mempelajari terkait inovasi dan implementasi program TP2DD yang telah diterapkan.

Baca Juga :  Sambut Kedatangan Sawaludin, Abdillah Alhasni Hentikan Sejenak Pidatonya

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Gorontalo, Bupati Bone Bolango, dan narasumber Asisten Deputi Perekonomian Daerah dan Sektor Riil Kemenko Perekonomian, Analis Kebijakan Ahli Madya Pendapatan Daerah Kemendagri, Pranata Komputer Ahli Pertama Kemenkominfo, Kepala Bidang PAD Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Bapenda Kab. Luwu, dan PT. Bank Sulselbar. Adapun peserta kegiatan adalah perwakilan TP2DD se-Provinsi Gorontalo, termasuk PT. Bank SulutGo selaku pemegang Rekening Kas Umum Daerah.

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Bazar UMKM Peringati Hari Bakti Perbendaharaan Ke-19 di Gorontalo

Ekonomi

Inflasi Gorontalo Lebih Rendah Dari Inflasi Nasional

Ekonomi

Bupati Bone Bolango Buka Kesempatan Pihak Ketiga Kelola Wisata Lombongo

Ekonomi

Cadangan Beras Bulog Gorontalo Aman Sampai Januari 2023

Ekonomi

QRIS Diterapkan Pada Pembayaran di Pasar

Ekonomi

Masyarakat Diminta Tukarkan Uangnya di Tempat-Tempat Resmi Agar Terhindar Dari Uang Palsu dan Biaya

Ekonomi

Cinta Bangga dan Paham Rupiah Didik Masyarakat Kenali Keaslian Rupiah

Daerah

Pemerintah Kota Gorontalo Terima Penghargaan Mitra Utama Terkolaboratif