Home / Event

Sabtu, 24 Desember 2022 - 17:53 WIB

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Kukuhkan Lembaga Serifikasi Profesi (LSP) P3 Bidang Pariwisata

Bagikan

GM – Kota Gorontalo – Bertempat di salah satu hotel berbintang di Kota Gorontalo, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo membuka Forum Group Discussion (FGD) Peningkatan Kapasitas Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P3 Bidang Pariwisata.  Acara itu dirangkaikan dengan Pengukuhan Lembaga Serifikasi Profesi (LSP) P3 Bidang Pariwisata. jumat (23/12).

Provinsi Gorontalo memiliki keunggulan komparatif sebagai tempat tujuan wisata. Karena memiliki banyak keunggulan dari aspek alam dan budaya, sebagai daya tarik wisata yang tidak dimiliki oleh provinsi tetangga. Namun pengalaman membuktikan bahwa Gorontalo masih kurang di dalam pengembangan sektor wisata.

Baca Juga :  Sekda Kabupaten Gorontalo Lepas Jalan Sehat

Karena itu, sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata, yang bersertifikasi kompetensi kerja di bidang kepariwisataan, untuk pengembangan pariwisata di Provinsi Gorontalo. Untuk menciptakan SDM pariwisata yang bersertifikat kompetensi, diperkukan sebuah Lembaga Sertifikai Profesi (LSP) kepariwisataan di Gorontalo.

“Alhamdulillah pada 19 Agustus 2022, telah dibuat penetapan nama lembaga sertifikasi profesi, yang di badani oleh Kamar Dagang Industri (Kadin) Provinsi Gorontalo, dengan mendapatkan dukungan dari Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan asosiasi pariwisata yaitu PHRI serta HPI,” terang Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo.

Baca Juga :  Anniversary Om Bob Yang Ke - 4 Dibuka Aba Kuce

“Adapun nama lembaga sertifkasi profesi itu bernama Panorama Gorontalo Mandiri,” imbuh rifli katili.

Tujuan didirikannya lembaga itu adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pariwisata ke tingkat yang lebih lanjut, serta mendorong peran dan partisipasi para tenaga kerja pariwisata dan ekonomi kreatif, agar siap serta mampu dalam mendukung pembangunan pariwisata.

Baca Juga :  Sawaludin Serahkan Hadiah Utama

“Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan pariwisata, sebagai multiplayer effect dengan menjaga kearifan lokal, tahun ini Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan pengukuhan pendirian lembaga sertifikasi profesi (lsp) p3 bidang pariwisata,” ungkap Rifli.

Dia berharap, pengukuhan pendirian lembaga yang kredibel itu, bisa menciptakan dan mendorong kemajuan pembangunan pariwisata ke depan yang lebih berkualitas, serta  meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM di bidang kepariwisataan yang berkompeten.(*as)

Share :

Baca Juga

Event

Penutupan Gorontalo Underwater Photography Competition 2022

Event

Festival Pesisir 2022 Meriahkan Hari Jadi Kecamatan Biluhu

Daerah

Karnaval Budaya Multietnik FPDL 2022

Event

DPW Garpu Provinsi Gorontalo Gelar Jalan Sehat dan Berbagi Hadiah Kejutan

Event

Gelar Festival Alanggaya Buliya, Sawaludin : Total Hadiahnya 7 Juta

Ekonomi

Tanam Bibit Cabai Rawit di Lingkungan Santri Pondok Pesantren Hubulo

Ekonomi

Perserta PTBI Bernyanyi dan Bergoyang Bersama Citra Scholastika

Event

Pelantikan Pengurus AMSI Gorontalo 2022-2025