Home / Daerah

Selasa, 21 Februari 2023 - 14:35 WIB

Keberadaan Wali Data Dinilai Penting Misnawaty Wantogia

Bagikan

GM – Bone Bolango – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bone Bolango, Misnawaty Wantogia, menilai Wali Data penting untuk memperkuat satu basis data terpadu di Indonesia.

Hal ini disampaikannya saat diwawancarai usai menjadi narasumber pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten Bone Bolango Dalam Angka Tahun 2023, yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Bone Bolango di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Senin (20/2/2023).

Misnawaty menjelaskan, dalam rangka mengakomodir Peraturan Presiden No.39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, maka Kabupaten/Kota hingga Provinsi harus memiliki basis data yang kuat dan terpadu.

Baca Juga :  Digital Leadership Bukan Perkara Mudah Diterapkan

“Maka untuk mendukung hal tersebut dibentuklah Wali Data ditiap Kabupaten/Kota maupun Provinsi yang di dalamnya terdapat Sumber Daya Manusia (SDM) atau orang yang akan mengumpulkan data,” jelas Misnawaty.

Dia mengatakan, Kabupaten Bone Bolango sudah membentuk Wali Data yang akan terus dioptimalkan fungsinya melalui pembinaan di tingkat OPD.

Selain itu, Misnawaty mengungkapkan, Dinas Kominfo Bone Bolango juga telah menggagas satu platform yang diberi nama Open Data, guna merangkum data statistik sektoral dari masing-masing OPD.

Baca Juga :  Pemkab Gorontalo Kembali Raih Opini WTP

“Melalui platform ini kami akan mengevaluasi seluruh data yang masuk dari OPD. Biasanya data yang harus dimasukkan yang sudah menganut metadata atau standar yang sudah ditentukan,” ungkap Kadis Kominfo Kabupaten Bone Bolango itu.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bone Bolango, Suparno, menuturkan, kegiatan FGD tersebut dilaksanakan guna mengklarifikasi dan memverifikasi data-data yang dihasilkan oleh OPD.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Luncurkan Iven Wisata 2023 di Kabupaten Gorontalo

“Data yang dari OPD, di forum ini akan kita klarifikasi terkait dengan kebenaran dan aktualisasi dari data tersebut,” tutur Suparno.

Suparno juga mengatakan, pihaknya pada akhir Februari nanti akan merilis buku Daerah Dalam Angka yang di dalamnya menggambarkan kondisi Bone Bolango secara keseluruhan.

“Jadi dalam buku ini ada data kependudukannya, ketenagakerjaan, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan,”pungkasnya. (*as – Tim Redaksi IKP/Humas/Kominfo)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kepala OPD Bone Bolango Cerita Penyebab Perolehan PAD Tekor

Daerah

Roni Sampir Serahkan Bantuan Bagi Keluarga Berduka Akibat Gagal Ginjal Misterius

Daerah

Sekda Kabupaten Gorontalo: Yang Utama Akses Masyarakat

Daerah

Adat Moloopu Menyambut Penjabat Gubernur Yang Baru di Bumi Hulonthalo

Daerah

Gaji Ke-13 ASN Pemerintah Bone Bolango Mulai Dicaikan

Daerah

Penjabat Gubernur Gorontalo Nilai Bone Bolango Makin Maju

Daerah

Para Penerima Penghargaan Health Award Pada HKN Ke-58 Tingkat Kabupaten Gorontalo

Daerah

Wakil Bupati Bone Bolango Ajak Orang Tua Memperhatikan Gizi Makanan Anak-Anak