Home / Ekonomi

Kamis, 6 April 2023 - 19:13 WIB

Bupati Bone Bolango Diusulkan Terima Anugerah Satyalancana Wira Karya dan Pembangunan

Bagikan

GM – Bone Bolango – Bupati Bone Bolango Hamim Pou masuk dalam usulan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, sebagai calon penerima Anugerah Satyalancana Wira Karya dan Pembangunan.

Hal itu bakalan diraih bupati Bone Bolango itu, melalui inovasi ternak rakyat mandiri dan pengembangan pertanian cabai swadaya bebas pestisida. Penganugrahan bagi Bupati Bone Bolango Hamim Pou itu, telah memasuku masa verifikasi lapangan, oleh Tim Kementerian Pertanian dan Sekretariat Militer Presiden. Rabu (5/4/2023).

Ketua Tim Verifikasi, Elisa Cintia Dewi, menjelaskan, Sekretariat Negara Presiden mendapat usulan dari Kementerian Pertanian RI, bahwa Bupati Bone Bolango Hamim Pou dicalonkan sebagai penerima Anugerah Satyalancana Pembangunan atau Satyalancana Wira Karya.

Baca Juga :  Kinerja Pasar Modal Tumbuh Positif, Menjadikan Indonesia Kondusif Buat berinvestasi

“Untuk itu kami melakukan verifikasi dari usulan Kementerian Pertanian yang sebenarnya memang sudah diseleksi dari awal, terkait usulan ini di bidang pertanian dengan instrumen-instrumen yang sudah dipenuhi oleh bapak Bupati. Sehingga diloloskan oleh Kementerian Pertanian dan diusulkan kepada kami Sekretariat Negara Presiden untuk dianugerahkan tanda kehormatan Satyalancana dari Presiden,” jelas Elisa.

Elisa mengungkapkan inovasi yang dilakukan Hamim, yaitu lewat ternak rakyat mandiri dan pengembangan pertanian cabai swadaya bebas pestisida, yang sudah dilihat langsung oleh tim verifikasi.

“Kami sudah melihat secara langsung kondisinya, bahwa di sini untuk ternak rakyat mandiri ada program satu sapi satu sarjana, dan terbukti ini terus berkembang dari apa yang diberikan pemerintah hanya 10 dan tentunya ini juga untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Masyarakat Diminta Tukarkan Uangnya di Tempat-Tempat Resmi Agar Terhindar Dari Uang Palsu dan Biaya

Untuk pengembangan pertanian cabai swadaya bebas pestisida sendiri, Elisa mengatakan juga sudah lihat, memang swadaya dengan menggunakan pupuk organik, tapi memang ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah terkait persoalan harga.

Dia berharap ke depan agar inovasi yang dilakukan oleh Bupati Bone bolango itu, akan terus berkelanjutan dan tidak berhenti sampai di sini. Agar ketahanan pangan bisa stabil, inflasi bagus dan pembangunan pertanian akan semakin maju.

Baca Juga :  Warga Desa Langgula dan UNG Gelar Festival Sejuta Cumi

Sebelumnya, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli, di hadapan Tim Verifikasi Lapangan Kementerian Pertanian dan Sekretariat Militer Presiden berharap, Bupati Bone Bolango Hamim Pou bisa masuk sebagai penerima anugerah Satyalancana Wira Karya dan Pembangunan tersebut.

“Semoga dengan berkah puasa Ramadan dan kedatangan bapak dan ibu Tim Verifikasi jauh-jauh dari Jakarta, bisa mengantarkan pak Bupati Hamim Pou menjadi penerima anugerah Satyalancana,”harap Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou dijadwalkan akan memberikan pemaparan secara langsung di hadapan tim verfikasi lapangan terkait inovasi tersebut. (Tim Redaksi IKP/Humas/Kominfo)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Pemasaran Digital Dinilai sebagi Salah Satu Cara Bagi UMKM Bersaing di Pasar Global

Ekonomi

Rachmat Gobel Minta Penerima Bantuan Alsintan Lebih Bertanggung Jawab

Daerah

Gaji Ke-13 ASN Pemerintah Bone Bolango Mulai Dicaikan
Kuangan

Ekonomi

OJK Fokus Penguatan Pengawasan dan Penyelesaian Kasus di IKNB

Ekonomi

Inflasi Tahunan Gorontalo 5,78 Persen

Ekonomi

Masyarakat Kota Gorontalo Butuh Uang Pecahan Kecil 7 Milyar Rupiah Untuk Zakat Fitrah

Ekonomi

Juni Harga Tomat Penyumbang Inflasi Tertinggi

Ekonomi

Bank Indonesia Gorontalo Sediakan Penukaran Uang Kertas Pecahan Kecil. Berikut Jadwalnya