Home / Daerah

Kamis, 23 Februari 2023 - 12:36 WIB

Bone Bolango Bebas Penyakit Kulit Frambusia

Bagikan

GM – Bone Bolango – Kabupaten Bone Bolango kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Hal itu usai Bupati Bone Bolango Hamim Pou menerima Sertifikat Bebas Frambusia dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sertifikat itu diserahkan pada saat peringatan Hari Neglected Tropical Diseases/NTDs (penyakit tropis terabaikan, red) Sedunia, di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Hamim Pou mengatakan, prestasi itu tidak lepas dari kegigihan dan semangat para tenaga kesehatan dalam mencegah penyakit kulit menular menahun yang kambuhan tersebut.

Baca Juga :  Lapas Kelas IIB Pohuwato Tampilkan Hasil Kerativitas Warga Binaan Pada Pameran Hut Ke-20 Pohuwato

“Penilaian Bebas Frambusia di Kabupaten Bone Bolango telah dilakukan pada bulan Oktober tahun 2022, yang diawali oleh Tim Penilai Eradikasi Frambusia Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, kemudian dilanjutkan dengan uji petik hasil penilaian provinsi oleh Tim Penilai Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” kata Hamim.

Baca Juga :  Pesan Bupati Gorontalo Kepada Anggota PPS KPU Kabupaten Gorontalo

Bupati Bone Bolango dua periode itu menjelaskan, ada tiga unsur penilaian bebas frambusia tersebut. Yaitu, kinerja program frambusia oleh petugas Puskesmas dan Kabupaten, surveilans yang adekuat melalui pencarian kasus frambusia secara aktif di masyarakat dan pasif di Puskesmas, serta kompotensi petugas kesehatan dalam menentukan kasus frambusia.

“Alhamdulillah ketiga unsur penilaian ini telah dipenuhi oleh Kabupaten Bone Bolango, sehingga pada bulan September 2022 Kabupaten Bone bolango diusulkan untuk menjadi Kabupaten Bebas Frambusia,” jelasnya.

Baca Juga :  Pedoman Dalam Al quran dan Hadist Harus Dilaksanakan

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir menambahkan, trik daerah itu menjadi Kabupaten Bebas Frambusia, yaitu setiap pasien yang dicurigai menyerupai penyakit tersebut langsung diperiksa darahnya.

Selain itu, dr. Meyrin juga mengungkapkan setiap setahun sekali, semua masyarakat di Bone Bolango diperiksa kulit oleh tenaga medis dari Puskesmas. (*as – Tim Redaksi IKP/Humas/Kominfo)

Share :

Baca Juga

Daerah

Sekda Kabupaten Gorontalo Buka Rakerda Pendataan Awal Regsosek

Daerah

Peringati HUT Korpri ke-51, Marten Taha: Sebagai ASN, Nafasnya itu Disiplin

Daerah

Sekda Kabupaten Gorontalo Pastikan Fluktuasi Harga Jelang Nataru Terjaga

Daerah

Sekertaris Daerah Pemerintah Kabupaten Gorontalo Serahkan Health Award

Daerah

THR ASN dan P3K Kabupaten Bone Bolango Akan Diserahkan Pekan Depan

Daerah

PLT Sekda Minta Pejabat Baru Tingkatkan Perolehan PAD dan Keterampilan SDM

Daerah

19 UMKM Pencucian Pakaian Terima Bantuan Desa

Daerah

Hamim Pou Sosialisasikan Puja Indah