Home / Daerah

Kamis, 23 Februari 2023 - 12:36 WIB

Bone Bolango Bebas Penyakit Kulit Frambusia

Bagikan

GM – Bone Bolango – Kabupaten Bone Bolango kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Hal itu usai Bupati Bone Bolango Hamim Pou menerima Sertifikat Bebas Frambusia dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sertifikat itu diserahkan pada saat peringatan Hari Neglected Tropical Diseases/NTDs (penyakit tropis terabaikan, red) Sedunia, di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Hamim Pou mengatakan, prestasi itu tidak lepas dari kegigihan dan semangat para tenaga kesehatan dalam mencegah penyakit kulit menular menahun yang kambuhan tersebut.

Baca Juga :  Dinas DLH dan Dinkes Kabupaten Gorontalo Bangun Klinik, Lindungi Pengabdi Lingkungan

“Penilaian Bebas Frambusia di Kabupaten Bone Bolango telah dilakukan pada bulan Oktober tahun 2022, yang diawali oleh Tim Penilai Eradikasi Frambusia Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, kemudian dilanjutkan dengan uji petik hasil penilaian provinsi oleh Tim Penilai Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” kata Hamim.

Baca Juga :  19 UMKM Pencucian Pakaian Terima Bantuan Desa

Bupati Bone Bolango dua periode itu menjelaskan, ada tiga unsur penilaian bebas frambusia tersebut. Yaitu, kinerja program frambusia oleh petugas Puskesmas dan Kabupaten, surveilans yang adekuat melalui pencarian kasus frambusia secara aktif di masyarakat dan pasif di Puskesmas, serta kompotensi petugas kesehatan dalam menentukan kasus frambusia.

“Alhamdulillah ketiga unsur penilaian ini telah dipenuhi oleh Kabupaten Bone Bolango, sehingga pada bulan September 2022 Kabupaten Bone bolango diusulkan untuk menjadi Kabupaten Bebas Frambusia,” jelasnya.

Baca Juga :  PESIAR Wujud Nyata Inovasi Dalam Pelayanan Kesehatan

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir menambahkan, trik daerah itu menjadi Kabupaten Bebas Frambusia, yaitu setiap pasien yang dicurigai menyerupai penyakit tersebut langsung diperiksa darahnya.

Selain itu, dr. Meyrin juga mengungkapkan setiap setahun sekali, semua masyarakat di Bone Bolango diperiksa kulit oleh tenaga medis dari Puskesmas. (*as – Tim Redaksi IKP/Humas/Kominfo)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Gorontalo Pastikan Perumahan Tenaga Honorer

Daerah

THR ASN dan P3K Kabupaten Bone Bolango Akan Diserahkan Pekan Depan

Daerah

Cegah Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Tim Gabungan Polda Gorontalo dan BPOM Lakukan Pengecekan Peredaran Obat di Apotik

Daerah

Hamim Pou Sosialisasikan Puja Indah

Daerah

Pj. Gubernur Minta Masyarakat Dukung dan Sukseskan Dua Agenda Nasional Serta Asia

Daerah

Disertasi Tentang Kemiskinan Milik Hamim Pou Akan Dijadikan Buku

Daerah

Dinas DLH dan Dinkes Kabupaten Gorontalo Bangun Klinik, Lindungi Pengabdi Lingkungan

Daerah

Pemkab Gorontalo Kembali Raih Opini WTP