Home / Daerah / Ekonomi

Rabu, 15 Februari 2023 - 17:13 WIB

Batu Hitam Dilirik Jadi Sumber PAD Bone Bolango

Bagikan

GM – Bone Bolango – Pertambangan Batu Hitam di Kabupaten Bone Bolango dilirik Bupati Bone Bolango Hamim Pou. Beberapa strategi pun disiapkan untuk menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Hal itu disampaikan Hamim Pou saat rapat intensifikasi dan perluasan PAD di Ruang Rapat Bupati Bone Bolango Senin (13/2/2023).

Bupati mengatakan mobilisasi batu hitam di Kabupaten Bone Bolango harus diatur. Sebab mereka melalui jalan desa.

“Jadi kita ingin dalam waktu dekat menerapkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) Retribusi Pemanfaatan Aset/Infrastruktr Daerah untuk mobilisasi bahan mineral,” kata Hamim.

Baca Juga :  Pemkab Gorontalo Akan Gelar Pasar Murah Hingga Akhir Tahun

Ia menengaskan pihaknya tidak mau menunggu terlalu lama, agar Pemerintah Daerah mendapatkan bagian pengambilan batu hitam. 

“Saya minta dalam 6 minggu ke depan sudah ada Peraturan Kepala Daerah Retribusi Pemanfaatan Aset Infrastruktur Daerah, untuk mobilisisasi bahan mineral,” tegas Hamim.

Bupati Bone Bolango dua periode itu juga menekankan, hal tersebut harus diseriusi dan jangan ditunda. Dalam dua minggu persiapan Perkada dilanjutkan dengan sosialisasi, hingga aksi di lapangan,

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Gorontalo Gelar Lomba Gemilang Fun Run 10 Km

“Begitu juga transaksinya, tidak boleh konfensional. Pungutan harus segera ditransfer dan diseriusi sungguh-sungguh untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah,” ujar Hamim.

Ia menambahkan nanti mekanismenya lewat retribusi ini sebagian besar akan dikembalikan ke desa atau kecamatan penghasil, untuk penangangan kesehatan seperti stunting, pendidikan bagi anak putus sekolah dan perbaikan maupun pembangunan infrastruktur. 

Baca Juga :  Pengkaderan bagi Calon Anggota PKS Polres Gorontalo Kota Angkatan IX 

Strategi kedua, jelas Bupati pihaknya mendorong koperasi berpartner dengan kontrak karya PT Gorontalo Mineral yang menguasai areal batu hitam.

“Ada tiga pihak yang terlibat yaitu GM, Koperasi dan BUMD. Dengan demikian Pemerintah Daerah dan BUMD akan mendapatkan pembagian keuntungan, menjadi deviden yang akan disetorkan ke kas daerah, menjadi bagian dari pendapatan daerah tentu akan digunakan untuk kegiatan masyarakat Kabupaten Bone Bolango,” jelasnya. (*as – https://berita.bonebolangokab.go.id/)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Gorontalo Buka Silaturahmi Aparat Sipil Negara Yang Akan Berhaji

Daerah

Sekda Kabupaten Gorontalo: Pemuda Harus Bersatu Bangun Bangsa

Daerah

Deklarasi Nol Halinar di Dalam Lapas Kelas IIB Pohuwato

Daerah

Wakil Bupati Gorontalo Pastikan Warga Bilato Dapat Bantuan Makanan Siap Saji

Daerah

Nelson: FDPL Milik Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Ekonomi

Juni Harga Tomat Penyumbang Inflasi Tertinggi

Daerah

PLT Sekda Minta Pejabat Baru Tingkatkan Perolehan PAD dan Keterampilan SDM

Ekonomi

Cinta Bangga dan Paham Rupiah Didik Masyarakat Kenali Keaslian Rupiah