Desa Hegarmanah Kembangkan Internet Untuk Warganya

  • Whatsapp

GARUT, Bungbulang – Internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat saat ini, dengan adanya hal ini Pemerintah Desa Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang, memfasilitasi kebutuhan internet warganya tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Desa yang berdiri sejak 2012 ini terbagi dua, yaitu area perkebunan/pertanian dan permukiman. Kepala Desa Hegarmanah, Pendi Effendi menuturkan, sudah ada beberapa program dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), salah satunya adalah program internet yang ada di kantor desa. Dengan adanya bantuan internet ini, Pemerintah Desa Hegarmanah bisa memanfaatkan jaringan yang sebelumnya sudah ada yang dimiliki oleh kantor desa melalui jasa provider, sehingga pihaknya bisa mengembangkan jaringan internet tersebut agar bisa dimanfaatkan oleh warga di desanya.

“Kami juga telah membangun jaringan internet yang dibagikan ke warga-warga melalui provider internet hingga bisa dinikmati empat RW. “Alhamdulillah di desa kami telah mengembangkan provider internet yang bisa dinikmati baru oleh 4 RW (Rukun Warga) dari keseluruhan 7 RW,” kata Pendi, di Kantor Desa Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang, Selasa (27/10/2021).

Dengan adanya program internet tersebut, Pendi berterimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah memberikan jaringan internet di kantor desa, sehingga pemerintah desa bisa mengembangkan internet untuk masyarakat khususnya anak sekolah dikarenakan sistem sekolah yang secara daring pasa masa pandemi Covid-19. “Alhamdulillah secara bermanfaat sangat terasa sekali karena apalagi sekarang di musim pandemi ini para siswa siswi sekolah dari mulai tingkat atas sampai tingkat bawah telah menggunakan daring, secara daring internet ini sangat bermanfaat,” katanya.

Dengan adanya internet yang sudah dikembangkan oleh pihak desa ini, kini kualitas kecepatan internet di desanya sudah lebih baik dan lebih cepat sehingga bisa dimanfaatkan oleh warganya dengan baik. “Ya, untuk daring dan lain-lain bisa dimanfaatkan sekarang juga boleh dicoba dan Alhamdulillah kemarin ada pengembangan, ada penambahan dari sisi kualitas, kalau kemarin bisa sedikit lemot/loading sekarang mah alhamdulillah sudah bisa,” lanjutnya.

Ia berharap, untuk ke depannya akses internet ini tidak hanya dirasakan oleh 4 RW akan tetapi bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat di Desa Hegarmanah, tak hanya bagi anak sekolah tapi juga untuk masyarakat lain untuk dapat berkomunikasi dan berbisnis di dunia digital,.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *