Klinik Darul Arqam Terima Hibah dari Kedubes Jepang

  • Whatsapp
SERAH TERIMA. Klinik Darul Arqom Muhammadiyah Garut menerima Bantuan Dana Hibah Dari Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Serah terima bantuan hibah tersebut, dilaksanakan di Klinik Darul Arqam, Jalan Ciledug Nomor 284, Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Selasa (30/3/2021).

GLOBALMEDIA.ID – Klinik Darul Arqam Muhammadiyah Garut menerima bantuan hibah untuk biaya renovasi dan pengadaan peralatan kesehatan sebesar 524.685.763, dari Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Indonesia, Serah terima bantuan hibah tersebut, dilaksanakan di Klinik Darul Arqam, Jalan Ciledug Nomor 284, Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Selasa (30/3/2021).

Mudir Pondok Pesantren Darul Arqam (DA) Muhammadiyah Garut, KH Ayi Mukhtar BSc,Dipl,ME, menuturkan, Bantuan hibah itu mencakup berbagai aspek mulai dari fasilitas untuk ibu dan anak hingga fasilitas penyimpanan limbah klinik ,

Muat Lebih

Ia menjelaskan, Klinik Darul Arqom, selain melayani warga Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Garut juga melayani secara umum dari luar wilayah Kecamatan Cilawu.

“ Paling utama itu, kita mendahulukan kepada santri-santri yang ada disini ( Ponpes Darul Arqom), dan Masyarakat sekitarnya,” tuturnya.

KH Ayi Mukhtar berharap, dengan tersedianya alat-alat kesehatan yang cukup modern bisa membantu melayani masyarakat.

Kepala Klinik Darul Arqam, dr. Sakinah Ginna mengatakan sesuai arahan dari Kedutaan Jepang, Maka dana hibah itu akan digunakan untuk mengembangkan Program Klinik Bertumbuh, yakni pengembangan Klinik secara bertahap menjadi Rumah Sakit.

“Jadi prosesnya bertahap, Insya Allah, mulai tahun ini (2021), akan mengurus perizinan untuk mengembangkan Klinik Pratama Rawat Jalan ini menjadi Klinik Pratama Rawat Inap, sehingga kami berharap diawal tahun 2022 itu sudah beroperasi klinik Pratama rawat inap “ katanya dan target menjadi rumah sakitnya di tahun 2025.

Sementara, Sekretaris III Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang untuk Indonesia, Kimura Yusuke, mengatakan bantuan hibah berupa peralatan kesehatan untuk Klinik Darul Arqom itu karena beberapa alat kesehatan belum memadai.

Untuk itu, pihaknya memberikan hibah tersebut, agar masyarakat bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih baik.

“Setelah saya lihat fasilitas sama alat kesehatan di Darul Arqam itu, sudah cukup memadai, sehingga masyarakat Garut dapat fasilitas yang lebih bagus daripada sebelumnya. Pemerintah Jepang juga selanjutnya juga mau terus mengurus, mau membantu untuk masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Garut, Dr. H. Suherman, SH, MSi, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Garut, Melalui klinik kesehatannya mampu bekerjasama dengan Pemerintah Jepang.

“Ini salah satu loncatan yang sangat besar, terlebih bantuan ini, diarahkan untuk meningkatkan layanan kesehatan,” katanya.

Ia menyebut, Fasilitas kesehatan saat ini di kabupaten garut masih terbatas, hal ini karena tidak sebanding dengan populasi penduduk terhitung lumayan banyak.

“Dengan adanya layanan kesehatan di pondok pesantren Darul Arqom ini, menurut Ia,  mampu memperkecil, paling tidak memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Garut,” ujarnya.

Oleh karena itu, Pihaknya memberikan dukungan  penuh terhadap Darul Arqom, untuk melakukan langkah-langkah positif , bukan hanya sekedar membangun sarana prasarana kesehatan tapi lebih ditingkatkan yang lebih luas dengan menjadi rumah sakit.

“Pelayanan tersebut, dengan tidak khusus untuk warga Muhammadiyah , tapi di luar Muhammadiyah pun wajib untuk dilayani terutama dalam kesehatan ,”tuturnya.

Sementara kerjasama pemerintah garut  dengan jepang , sudah terbangun cukup lama, salah satu bantuan hibah yang diberikan pemerintah jepang terhadap pemerintah Kabupaten Garut yakni berupa kendaraan untuk pemadam kebakaran.(San)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *