LIB Lakukan Lokakarya Medis Dari Tatap Muka Ke Virtual

0
5 views
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno. (ANTARA/HO/PT Liga Indonesia Baru)

GLOBALMEDIA.ID, Jakarta – Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengubah format pelaksanaan lokakarya medis (medical workshop) lanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dari tatap muka ke virtual karena alasan teknis.

Dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Senin (14/9), LIB menyatakan bahwa lokakarya medis yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung di Yogyakarta pada 14-15 September 2020 akan dilaksanakan pada Rabu (16/9) secara virtual mulai pukul 09.30 WIB sampai selesai.

“Kepada semua peserta dan pihak-pihak yang terkait, kami memohon maaf atas pergeseran tanggal pelaksanaan dan perubahan format ‘medical workshop’ yang mendadak. Kami harus mematuhi dan menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi,” ujar Direktur Operasional LIB Sudjarno.

Menurut Sudjarno, sebelum diputuskan bergulir di Yogyakarta, lokakarya tersebut sejatinya akan dilakukan di Jakarta.

Rencana tersebut tidak bisa terlaksana karena pemerintah provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, dalam perkembangannya, acara juga tidak dapat diadakan di Yogyakarta.

Sebagian besar pemateri lokakarya yang berasal dari Jakarta ternyata tidak bisa berangkat ke Yogyakarta. Beberapa peserta juga mengalami kendala serupa.

Lokakarya medis Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020 akan diikuti 107 peserta, meliputi dokter tim, ofisial medis serta perangkat pertandingan meliputi komisioner pertandingan (match commissioner), koordinator umum lokal (local general coordinator), ofisial media lokal (local media officer) dan ofisial keamanan lokal (local security officer).

Secara umum, lokakarya tersebut akan memberikan pengetahuan kepada tim mengenai protokol kesehatan yang akan diterapkan saat kompetisi bergulir.

Lanjutan Liga 1 musim 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap digelar semusim penuh tetapi tanpa degradasi.

Semua laga Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Pertandingan pembuka lanjutan Liga 1 Indonesia 2020 adalah PSS kontra Persebaya di Stadion Maguwharjo, Sleman, Yogyakarta.

Liga 2 Indonesia musim 2020 bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Kompetisi ini berlangsung dengan format turnamen yang melewati penyisihan grup.

Baik Liga 1 dan 2 dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Semua laga dilangsungkan tanpa kehadiran penonton di stadion dan pengetesan COVID-19 akan dilakukan secara rutin.(ANT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini