Kia Carnival Baru, Lebih Gaya dan Nyaman

0
2 views
All-new Kia Carnival tampak belakang. (ANTARA/Kia)

GLOBALMEDIA.ID, Jakarta – Pabrikan Korea Selatan Kia telah memperkenalkan Carnival generasi keempat 18 Agustus lalu, dan Multi Propose Vehicle (MPV) bongsor yang mengandalkan gaya, desain baru, dan kenyamanan sebagai senjata ini bakal mulai dipasarkan kuartal ketiga 2020.

Hadir setelah lama ditunggu model barunya, Carnival yang dikenal dengan nama Sedona di pasar internasional ini membawa banyak perubahan, bisa dikatakan drastis dibanding pendahulunya, baik dari sisi desain, fitur, maupun teknologinya.

Dikembangkan berdasarkan platform kendaraan ukuran menengah, Carnival telah dijuluki sebagai “kendaraan utilitas besar”, dengan menawarkan ruang kabin dan efisiensi yang lebih besar dibanding pendahulunya, bahkan mungkin dibanding pesaing di kelasnya.

“Ini meningkatkan kualitas, keserbagunaan, dan kegunaan pendahulunya, sekaligus membuat perjalanan jauh lebih santai dan lebih menyenangkan bagi keluarga. Dengan desain canggih dan teknologi mutakhir untuk memberi pemilik nilai yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari, model baru ini memperkuat peran Kia di segmen minivan,” kata Thomas Schemera, kepala divisi produk di Hyundai Motor Group, kelompok yang membawahi Kia, dikutip Senin (14/9).

Desain

Dibandingkan pendahulunya, mobil ini memiliki overhang depan yang lebih pendek, dengan dasar pilar A digeser lebih ke belakang untuk membuat kap lebih panjang. Jarak sumbu roda yang ditingkatkan berkontribusi pada ruang yang lebih luas di seluruh kabin, dan profil samping juga diperpanjang.

Desain utama menonjolkan desain ‘atap pulau’ barunya, dengan pilar A dan B yang dihitamkan beda dengan cat bodi. Desain C-pillar baru yang menarik perhatian juga menonjol, dengan sirip krom dengan pola berlian yang halus.

Desain ‘hidung macan’ barunya mencakup lebar kendaraan, mengintegrasikan lampu LED siang hari (DRL), lampu depan, dan gril untuk memberikan tampilan baru yang percaya diri, futuristik, dan lampu yang unik. Bemper baru dan asupan udara yang lebih rendah di bagian depan dipadukan dengan trim metalik dan bemper bawah berwarna hitam – seperti yang ada pada SUV Kia.

Di bagian belakang, Carnival diklaim bertubuh kokoh, dan menawarkan tampilan baru yang lebar dan khas yang diperkuat oleh bilah lampu lebar melintang di belakang. Elemen lain dari desain yang terinspirasi dari SUV adalah beberapa tampilan krom yang menambahkan kesan kokoh.

Carnival baru menawarkan pelanggan pilihan hingga delapan warna cat eksterior, serta berbagai desain velg aluminium, dengan diameter 17, 18, atau 19 inci, tergantung pada spesifikasi.

Di dalam, kabin Kia Carnival baru didasarkan pada konsep ‘Bakat Tata Ruang’, menyediakan lingkungan yang santai, berteknologi tinggi, dan bergaya yang ideal untuk perjalanan keluarga.

Interiornya merepresentasikan peningkatan kualitas dan desain dari pendahulunya, dengan kabin baru yang futuristik. Suasana berteknologi tinggi terlihat paling jelas dalam desain dasbor layar panorama yang lebar, yang mengintegrasikan teknologi infotainment layar ganda dan kontrol sentuh haptic.

Tombol shift-by-wire yang ringkas untuk transmisi terletak di dasar konsol tengah, melapangkan ruang dan mudah dijangkau dengan tangan.

Utilitas

Berkat platform baru dan bodi yang lebih besar, Carnival generasi keempat menawarkan ruang luas yang diklaim tak tertandingi. Bergantung pada pasar, Carnival menawarkan pemilik konfigurasi tempat duduk tiga atau empat baris, dengan ruang untuk tujuh, delapan, atau 11 orang secara total.

Carnival memiliki wheelbase yang lebih panjang 30 mm (hingga 3.090 mm) dan lebih lebar 10 mm (hingga 1.995 mm) dibanding pendahulunya, meningkatkan utilitas untuk keluarga. Panjang keseluruhan Carnival baru bertambah 40 mm menjadi 5.155 mm, dengan overhang belakang yang lebih panjang 30 mm (hingga 1.130 mm), menciptakan lebih banyak ruang untuk penumpang baris ketiga dan ruang bagasi.

Dalam konfigurasi tujuh kursi yang populer, Carnival ini menawarkan ‘Kursi Relaksasi Premium’ yang dapat direbahkan untuk penumpang baris kedua, dengan sandaran punggung, lengan, dan kaki yang dapat disesuaikan layaknya kursi pesawat kelas bisnis.

Ini juga menawarkan mode ‘Relaksasi’ sekali sentuh, secara otomatis berbaring dan menyesuaikan kursi untuk kenyamanan maksimal pada perjalanan yang lebih lama. Tempat duduk Carnival baru juga lebih fleksibel karena bisa diatur, bahkan bisa saling berhadapan antara kursi baris kedua dan ketiga.

Jika hanya kursi baris pertama yang digunakan, Carnival menawarkan ruang bagasi terbaik di kelasnya hingga 2.905 liter, sementara bagasinya berkapasitas 627 liter dan didesain lebih rendah 26 mm dari pendahulunya, yaitu 640 mm, sehingga lebih mudah untuk memuat.

Pintu belakang listrik dan pintu penumpang belakang geser dengan daya pintar juga memfasilitasi akses ke bagasi dan kabin.

Konektivitas

Pusat fitur konektivitas Carnival adalah layar digital ganda berteknologi tinggi. Itu terdiri dari dua layar yang letaknya dalam satu klaster dan terkesan menyatu, yakni instrumen driver digital 12,3 inci terbaru dan layar sentuh 12,3 inci untuk hiburan dan navigasi.

Bergantung pada pasar, sistem pada Kia Carnival menawarkan tampilan yang diklaim sebening kristal, serta Android Auto ™ dan Apple CarPlay ™ yang terintegrasi dengan pengenalan suara. Carnival juga menawarkan informasi telematika langsung melalui layar sentuh di dalam mobil dan di ponsel pengguna.

Bergantung pada kondisi pasar setempat, layanan Kia Live menyediakan informasi lalu lintas langsung, prakiraan cuaca, tempat menarik, dan detail potensi parkir di dalam dan di luar jalan (termasuk harga, lokasi, dan ketersediaan parkir).

Ini juga memungkinkan pengemudi untuk mengirim petunjuk arah ke mobil mereka sebelum melakukan perjalanan, dan memeriksa lokasi kendaraan kapan saja.

Sistem infotainment-nya juga memungkinkan pengguna untuk menghubungkan dua ponsel pintar melalui Bluetooth pada saat yang bersamaan, memungkinkan pemisahan ponsel untuk panggilan telepon dan untuk media hiburan.

Carnival generasi keempat menawarkan fitur ‘Tampilan & Bicara Penumpang Belakang’. Penumpang depan dapat menggunakan ini untuk memeriksa penumpang di kursi belakang dengan kamera kecil yang terhubung ke sistem infotainment—alih-alih menengok ke kursi mereka.

Ini juga memungkinkan penumpang depan berkomunikasi lebih mudah dengan penumpang lain, karena sistem memperkuat suara mereka melalui speaker kursi belakang. Jika penumpang depan mengizinkan, teknologi baru ‘Pengenalan Suara Penumpang Belakang’ juga memungkinkan penumpang di baris kedua mengeluarkan perintah suara untuk mengontrol sistem infotainment.

Carnival juga dilengkapi pencahayaan di lantai agar penumpang lebih aman dan mudah untuk keluar-masuk. Ini digabungkan dengan teknologi Safe Exit Assist, serta rangkaian lengkap sistem bantuan pengemudi untuk melindungi penumpang dan pengguna jalan lainnya.

Performa

Carnival baru ini mengadopsi teknologi powertrain ‘Smartstream’ Kia terbaru untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja. Bergantung pada pasar dan spesifikasi, Carnival baru tersedia dengan pilihan hingga tiga mesin baru, semuanya menawarkan kinerja yang cepat dan mudah diakses.

Mesin paling bertenaga di jajarannya adalah V6 GDi (bensin injeksi langsung) 3,5 liter, yang menghasilkan tenaga hingga 294 ps dan torsi 355 Nm. Mesin ini dilengkapi sistem GDi dan injeksi multi titik (MPI) yang canggih, yang mengoptimalkan siklus pembakaran tergantung pada kondisi untuk memaksimalkan daya dan efisiensi.

Kemudian mesin bensin V6 3,5 liter MPi, menghasilkan hingga 272 ps dan torsi 332 Nm. Ini menampilkan sistem manajemen termal terintegrasi baru yang sama dengan mitra GDi-nya.

Lalu mesin diesel ‘Smartstream’ 2,2 liter yang ditawarkan kepada pelanggan di banyak pasar, dan merupakan salah satu unit diesel terbersih yang pernah dibuat Kia. Memproduksi hingga 202 ps, dan menawarkan torsi 440 Nm pada berbagai kecepatan mesin, mesin baru ini menggantikan blok besi tuang pendahulunya menjadi blok aluminium yang lebih ringan 20 kg.

Semua mesin dipasangkan sebagai standar dengan transmisi otomatis delapan kecepatan.
Keamanan

Carnival baru ini menawarkan serangkaian sistem bantuan pengemudi dan keselamatan pasif dan aktif, melindungi pengemudi dan penumpangnya di setiap perjalanan. Sistem bantuan pengemudi (ADAS) Kia membantu mengurangi banyak bahaya dan stres yang melekat saat mengemudi.

Teknologi yang tersedia termasuk Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) dengan deteksi mobil, pejalan kaki dan pengendara sepeda; Lane Keeping Assist (LKA); Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA); Intelligent Speed ​​Limit Assist (ISLA); Driver Attention Warning (DAW); Blind-Spot View Monitor (BVM), High Beam Assist (HBA); Smart Cruise Control (SCC) atau Navigation-based SCC (NSCC); Lane Mengikuti Assist (LFA); Highway Driving Assist (HDA); dan Surround View Monitor (SVM).

Safe Exit Assist (SEA) adalah tambahan baru yang penting untuk rangkaian teknologi keselamatan untuk Carnival generasi keempat. SEA mencegah membuat pintu belakang geser tetap terkunci sehingga anak-anak tidak keluar-masuk tanpa pengawasan orangtua.

Teknologi mengemudi otonom ‘Level 2’ Kia, Highway Driving Assist (HDA), mengontrol akselerasi, pengereman, dan kemudi tergantung pada kendaraan di depan. Menggunakan kamera tampak depan dan radar depan, ini membantu menjaga jarak dan kecepatan yang ditetapkan dari kendaraan di depan saat mengemudi di jalan raya, dan membantu memusatkan kendaraan di jalurnya saat mengemudi.

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan Rear View Monitor (RVM), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), dan Parking Distance Warning (PDW) atau peringatan saat parkir.

Sistem RCCA membantu menghindari tabrakan dengan kendaraan yang melintas di belakang dari sisi kiri dan kanan Carnival mundur. Ini membantu pengemudi dengan mengerem mobil secara otomatis jika mendeteksi ada penghalang di belakangnya.

Carnival baru ini juga dilengkapi sistem Multi-Collision Brake inovatif dari Kia, yang memungkinkan mobil untuk mengurangi tingkat keparahan tabrakan sekunder. Ini secara otomatis menerapkan rem kendaraan ketika airbag telah mengembang setelah tabrakan awal, yang selanjutnya melindungi penumpang dari benturan bagian depan atau samping sekunder.

Sayangnya, Kia belum mengumumkan harga mobil keluarga yang dilengkapi sun roof di tengah itu.(ANT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini