Napak Tilas Tempat Pengasingan Bung Karno – Hatta

0
2 views
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan (tengah) bersama Forkopimda Babel napak tilas di kawasan Pasanggrahan Menumbing dan Wisma Ranggam Muntok, Kamis. (Aprionis)

GLOBALMEDIA.ID, Bangka Barat – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar napak tilas di Pasanggrahan Menumbing dan Wisma Ranggam Muntok Kabupaten Bangka Barat merupakan tempat pengasingan Bung Karno – Hatta serta para pahlawan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

“Napak tilas ini untuk mengenang jasa para pahlawan di tengah pendemi COVID-19 ini,” kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat napak tilas di kawasan Pasanggrahan Menumbing dan Wisma Ranggam Muntok, Kamis (20/8/2020).

Ia mengatakan kegiatan napak tilas di tempat pengasingan Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno dan Bung Hatta beserta para pemimpin pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, dalam rangka memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia.

“Kegiatan ini masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan dalam pandemi COVID-19 ini, tidak banyak perayaan yang dapat dilakukan pemerintah untuk masyarakat,” ujarnya.

Menurut dia dalam mengenang jasa dan perjuangan para pahlwan kemerdekaan ini masih banyak yang dilakukan, seperti bersepeda di Muntok, daerah bersejarah yang pernah menjadi tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta serta beberapa jajarannya usai Proklamasi Kemerdekaan RI.

“Bung Karno dan Bung Hatta pernah merasakan pengasingan di Pasanggrahan Menumbing dan di Wisma Ranggam Muntok. Sehingga dalam momen memperingati hari kemerdekaan ini dan saya sebagai kepala daerah ini, merasa perlu melakukan kunjungan ke dua tempat bersejarah di Pulau Bangka ini,” katanya.

Bagi Gubernur Erzaldi, jalanan yang dilewati Bung Karno dan Bung Hatta selama masa pengasingan cukup ekstrem.

“Ini seperti napak tilas, naik kesini penuh dengan perjuangan,” katanya.

Pada kesempataan itu, Gubernur Kepulauan Babel bersama Kapolda Babel, Danrem 045 Gaya, Danlanal dan pimpinan daerah lainnya menyempatkan berjalan kaki hingga ke puncak Menumbing dan beristirahat di Pasanggrahan Menumbing (ANT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini