Gunakan alat seadanya, Warga Olele Gorontalo swadaya bersihkan material longsor

0
2 views
GOTONG ROYONG. Puluhan warga bergotong-royong membersihkan material longsor di Desa Olele, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Selasa (4/8/2020). Desa tersebut terisolasi akibat material longsor yang menutup akses keluar masuk sejak 31 Juli lalu, sedangkan alat berat sulit dikerahkan akibat struktur tanah yang tidak stabil. ANTARA/Adiwinata Solihin

GLOBALMEDIA.ID, Gorontalo – Sejumlah warga bergotong royong membantu membersihkan material longsor yang menutup akses jalan Desa Olele. kegiatan itu dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan menggunakan alat seadanya.

“Longsor ini membuat desa kami terisolasi selama empat hari, warga tidak bisa beraktifitas karena akses tertutup,” kata Kepala Desa Olele, Candra Naukoujarnya.  Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Selasa (4/8/2020).

Material longsor yang terdiri dari tanah, batu dan batang kayu tersebut dibersihkan dengan menggunakan sekop, pacul, linggis dan disemprotkan air dari mata air gunung.

“Hal ini kami lakukan karena alat berat tidak dapat masuk ke sini sebab struktur tanah yang labil dikuatirkan tidak mampu menahan beban berat,” ungkapnya.

Candra mengatakan bahwa isolasi itu mengakibatkan persediaan makanan di Olele mulai menipis karena harus ke daerah lain untuk membeli bahan pangan.

“Saat ini kami membuka jalan untuk kendaraan roda dua, semoga bisa segera diselesaikan agar warga dapat kembali beraktifitas seperti biasa,” pungkasnya. (ANT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini