Legislator: Rayakan Idul Adha dengan penerapan protokol kesehatan

0
0 views
Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat. ANTARA/HO-Humas Fraksi PKS

GLOBALMEDIA.ID, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengajak umat Muslim dalam merayakan Idul Adha 14141 H dan pemotongan hewan kurban dengan terus memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka menghindari penyebaran virus dimasa pandemi COVID-19.

“Sejak awal tahun 2020 bangsa Indonesia diuji dengan pandemi COVID-19 yang merubah tatanan hidup bangsa ini,” kata Toriq Hidayat dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, tahun ini sungguh istimewa bagi umat muslim di Indonesia atau bahkan di seluruh dunia, karena dua hari raya besar umat Islam harus dilewati dalam masa pandemi.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu mengingatkan bahwa jumlah kasus COVID-19 belakangan ini terus meningkat.

Karenanya, untuk pelaksanaan ibadah sholat Ied dan penyembelihan hewan kurban tahun ini maka perlu memperhatikan beberapa hal agar perayaan umat islam ini terhindar dari penyebaran virus.

“Upaya yang perlu dilakukan adalah mengetahui status pandemi di lingkungan kita. Yakni dengan berkomunikasi dan mengikuti imbauan pemerintah daerah setempat,” katanya.

Ia mencontohkan, hal itu misalnya apakah penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan di lingkungan kita atau tidak atau yang tidak kalah penting adalah cara pembagian daging kurban agar tidak menimbulkan kerumunan.

Toriq juga mengajak untuk meneladani kisah Nabi Ibrohim dan anaknya, Nabi Ismail.

Menurut dia, teladan penting yang dapat diambil yakni seorang muslim hendaknya memiliki loyalitas yang benar serta berorientasi hidup yang benar.

“Kemudian selalu merespon spontan atas segala perintah Allah SWT. Dan terakhir memiliki ketaatan yang sempurna,” tegasnya.

Ia juga mengajak untuk membangun kepedulian sosial terhadap mereka yang terdampak pandemi dengan berkurban dan berbagi kepada sesama. (ANT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini