Irjen Kementan : Pertanian Kalteng diminta perbaikan disejumlah kawasan

0
8 views
Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian RI Sumarjo Gatot Irianto (kanan) meninjau lahan pertanian di Kalimantan Tengah, Sabtu (25/7/2020). (ANTARA/HO-MMC Kalteng)

GLOBALMEDIA.ID, Kuala Kapuas – Pelaksana tugas Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian RI Sumarjo Gatot Irianto meminta dilakukan sejumlah perbaikan atau pembenahan, seperti akses jalan di areal persawahan hingga memperbaiki saluran irigasi di Kalimantan Tengah untuk mendukung program ketahanan pangan atau ‘food estate’, (Minggu, 26/7/2020)

“Tujuannya agar produktivitas pertanian meningkat, sebab didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai sesuai kebutuhan di lapangan,” katanya saat meninjau lahan pertanian di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah untuk pengembangan program ketahanan pangan atau ‘food estate’.

Menurutnya,  perbaikan atau peningkatan jalan maupun saluran irigasi diharapkan dapat menekan biaya produksi hingga biaya angkutan.

“Untuk itu saya harapkan optimalisasi lahan yang ada ini bisa segera dilaksanakan, selambatnya-lambatnya pada awal Agustus 2020,” terangnya.

Peninjauan ia lakukan beserta jajaran, didampingi Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Sunarti dan lainnya.

Sejumlah lahan yang ditinjau di antaranya di Kabupaten Pulang Pisau maupun Kapuas. Salah satunya adalah kawasan pertanian di Desa Anjir Serapat, Kecamatan Kapuas Timur.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri mengatakan tinjauan yang dilakukan tersebut sebagai upaya menyukseskan pelaksanaan program ketahanan pangan ‘food estate’.

“Sekaligus sinergi yang dibangun antara pemerintah pusat dan daerah, sehingga pelaksanaan atau pengembangan food estate dilakukan berdasarkan koordinasi yang matang dari seluruh pemangku kebijakan,” jelasnya.(ANT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini