Fakta dan statistik Grand Prix Andalusia di Sirkuit Jerez

0
14 views
Ilustrasi - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (kiri) mendapat sapaan selamat dari rekan setimnya Valentino Rossi usai memenangi laga MotoGP Malaysia di Sepang International Circuit, Malaysia, Minggu (3-11-2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Lai Seng Sin/foc.

GLOBALMEDIA.ID,Jakarta – Grand Prix Andalusia akan menjadi balapan kedua yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol secara beruntun pada musim MotoGP 2020 setelah seri perdana bertabur drama akhir pekan lalu.(Minggu, 26/7/2020)

Juara bertahan Marc Marquez dipastikan batal tampil di seri tersebut karena cedera tulang lengan atas kanannya kendati sang pebalap tim Repsol Honda itu sempat turun pada hari Sabtu untuk menjalani sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Di kualifikasi, pebalap tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo tampil tercepat untuk meraih pole position keduanya musim ini dan kali ketiga di Jerez setelah Grand Prix Spanyol tahun lalu.

Pole position itu merupakan kali kelima secara beruntun seorang pebalap Yamaha start terdepan, yang merupakan rekor rangkaian pole position terpanjang bagi pabrikan Jepang itu sejak 2010, kala itu lewat Jorge Lorenzo dari Silverstone hingga Laguna Seca.

Ini juga merupakan pole position keempat secara beruntun bagi Quartararo, hampir menyamai rekor pebalap Prancis lainnya, Christian Sarron, yang menguasai lima babak kualifikasi konsekutif pada musim 1988, demikian laman resmi MotoGP.

Quartararo akan berusia 21 tahun 97 hari ketika tampil di GP Andalusia Minggu nanti. Jika menang di sana, dia akan menjadi pebalap termuda kedua yang menjuarai dua seri beruntun di kelas premier setelah Marc Marquez (20 tahun 154 hari) di seri Jerman dan Amerika Serikat pada tahun 2013.

Vinales nyaris merebut pole position di GP Andalusia jika saja waktunya tidak dianulir karena sang pebalap melewati batas trek. Ini merupakan kali kedua bagi pebalap tim Monster Energy Yamaha itu start dari P2 secara beruntun.

Sementara itu, Francesco Bagnaia menjadi pebalap Ducati tercepat di kualifikasi GP Andalusia dan akan start dari P3, posisi terbaik sejauh ini bagi pebalap tim Pramac Racing itu di MotoGP.

Adapun Valentino Rossi masih merupakan pebalap paling sukses di Jerez dengan rekor tujuh kemenangan di kelas premier.

Rossi yang gagal finis di seri pembuka mengamankan posisi start keempat untuk GP Andalusia. Ini merupakan hasil kualifikasi terbaik The Doctor sejak start P4 di Australia tahun lalu serta hasil terbaik di Jerez sejak merebut pole position di sana pada tahun 2016, dan memenangi lomba tersebut.

Miguel Oliveira untuk pertama kalinya mampu lolos ke Q2 dan mengamankan posisi start kelima sebagai pebalap KTM tercepat hari itu. Itu merupakan hasil terbaiknya di kelas premier, serta posisi start teratas bagi seorang pebalap Portugal di MotoGP.

Pebalap tim Pramac Racing Jack Miller finis P7 dan untuk pertama kalinya gagal start dari dua baris terdepan sejak menempati P9 di babak kualifikasi Grand Prix Australia tahun lalu.(ANT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini