Jasa Marga salurkan bantuan Rp1,4 miliar ke UMKM selama COVID-19

0
13 views
UMKM mitra binaan Jasa Marga menunjukkan hasil produksi maskernya yang diperuntukkan bagi para personel Jasa Marga. Dokumentasi Jasa Marga

GLOBALMEDIA.ID, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyalurkan dana Rp1,4 miliar kepada pelaku UMKM dan mitra binaan dalam rangka mendukung keberlangsungan usaha UMKM selama pandemi.

“Terdapat total 24 UMKM dan 4 Mitra Binaan yang telah kami bantu tersebar di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Bali dan Kalimantan Timur. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena UMKM termasuk salah satu sektor ekonomi yang terdampak cukup signifikan dikarenakan kemampuan daya beli masyarakat yang juga menurun,” kata Kepala Komunikasi Perusahaan dan Pengembangan KomunitasJasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk penggunaan jasa produksi UMKM dan mitra binaan untuk berbagai kebutuhan sesuai bidang usahanya, terutama dalam memenuhi perlengkapan penanggulangan COVID-19.

“Dana yang kami gunakan untuk membantu UMKM ini berasal sebagian dari dana Bina Lingkungan yang dikhususkan untuk para pelaku UMKM, dan sebagian berasal dari realokasi Tunjangan Hari Raya (THR) Komisaris Direksi Jasa Marga Group.” ujar Heru.

UMKM mitra binaan jasa marga yang memperoleh bantuan di antaranya, Ardina Sport bergerak pada bidang konveksi. Selama pandemi COVID-19, Jasa Marga telah menggunakan jasa produksi dari Ardina Sport sebanyak 17.000 helai masker kain. Berlokasi di Rawa Lumbu Bekasi, Ardina Sport dapat memproduksi hingga 1.000 masker kain tiap harinya.

Selain itu Esa Bumindo yang berlokasi di Tangerang Banten memproduksi cairan disinfektan, hand sanitizer dan berbagai produk sabun cair. Esa Bumindo berhasil membantu Jasa Marga dalam memproduksi 3.750 liter keperluan hand sanitizer.

Pemilik Esa Bumindo Eman Suratman menjelaskan UMKM-nya telah menjadi mitra binaan Jasa Marga sejak tahun 2011 sampai dengan saat ini. Selain mendapatkan modal usaha, Esa Bumindo juga mendapatkan pesanan produk dari Jasa Marga guna pencegahan penyebaran COVID-19.

Alhamdulillah usaha kami ini terus berinovasi dan terus berkembang, terlebih kami juga dapat memberdayakan warga sekitar untuk bekerja di tempat kami ini,” kata Eman.

Selama pandemi Jasa Marga telah menggunakan jasa produksi UMKM binaan untuk memproduksi 17.000 masker kain, 3.750 liter hand sanitizer hingga 1.700 paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat terdampak COVID-19 di wilayah operasional Jasa Marga Group serta di wilayah Jawa Barat di mana Jasa Marga merupakan koordinator Satgas Covid-19 BUMN wilayah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini