Milan lolos zona Eropa setelah hancurkan Bologna 5-1

0
21 views
Franck Kessie merayakan gol yang dicetaknya saat AC Milan menundukkan Bologna dalam lanjutan Serie A Liga Italia, Minggu dini hari WIB. (REUTERS/Nicolò Campo/Sipa USA)

GLOBALMEDIA.ID, Jakarta – AC Milan kembali masuk ke zona Eropa di klasemen sementara Liga Italia setelah menghancurkan Bologna dengan skor 5-1, dalam pertandingan Liga Italia putaran ke-34 yang dimainkan di Stadion San Siro, Milan, Sabtu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Tambahan tiga poin mendongkrak Rossonerri naik ke peringkat keenam sekaligus menggeser Napoli dengan 56 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Namun posisi Milan belum aman, karena Napoli dapat menyamakan perolehan poin dengan mereka melalui kemenangan saat menjamu Udinese pada Minggu (19/7) setempat.

Tim tamu Bologna tertahan di peringkat kesepuluh dengan 43 poin.

Gol Alexis Saelemaekers (10′) membuka keunggulan Milan, disusul gol Hakan Calhanoglu (24′). Bologna sempat memperkecil ketertinggalan menjelang babak pertama usai melalui gol Takehiro Tomiyasu (44′). Tuan rumah kemudian menggila pada babak kedua dengan gol-gol dari Ismael Bennacer (49′), Ante Rebic (57′), dan Davide Calabria (90′)

Milan mengancam sejak awal melalui peluang-peluang yang dimiliki Zlatan Ibrahimovic danTheo Hernandez. Namun gol pemain Belgia Saelemaekers yang memecah kebuntuan untuk mereka.

Diawali dari operan tumit Ante Rebic kepada Hernandez di sisi kiri, ia kemudian mengirimkan bola yang sengaja diloloskan oleh Ibrahimovic untuk membuatnya menuju Saelemaekers untuk dikonversi menjadi gol pembukaan. Itu merupakan gol perdana Saelemaekers dalam balutan kostum Rossonerri.

Bologna berupaya membalas melalui sejumlah operan satu-dua untuk membongkar pertahanan Milan. Tetapi kesalahan yang dilakukan kubu Bologna membuat Milan dapat menggandakan keunggulan. Kiper Lukasz Skorupski mendapat operan yang buruk dari Riccardo Orsolini, yang membuat bola dapat dikuasai Calhanoglu untuk diteruskan ke gawang tim tamu.

Sisa permainan pada babak pertama menjadi milik Milan. Namun justru Bologna yang mampu memperkecil ketertinggalan, saat Tomiyasu mendapat bola di tepi kotak penalti, ia kemudian bergerak memotong melewati Alessio Romagnoli dan melepaskan sepakan kaki kiri yang sama sekali tidak dapat diantisipasi kiper Gianluigi Donnarumma.

Kepercayaan diri Bologna sempat meninggi pada awal babak kedua. Sayangnya justru Milan yang dapat merestorasi keunggulan dua gol saat Calhanoglu menyodorkan bola kepada Bennacer yang tidak terkawal di tepi kotak penalti, untuk kemudian melesakkannya ke gawang tim tamu. Sebagaimana gol Saelemaekers, itu juga merupakan gol perdana Bennacer untuk Milan.

Bologna lebih banyak menguasai bola dibanding babak pertama, namun Milan tetap merupakan tim yang lebih tajam. Calhanoglu mengirimkan bola kepada Ibrahimovic, yang meneruskannya kepada Rebic. Rebic kemudian mengecoh Tomiyasu untuk melepaskan sepakan kaki kiri ke sudut atas gawang Bologna.

Menjelang laga usai Milan masih menambah satu gol lagi. Kali ini diawali pergerakan Rafael Leao yang bergerak memotong untuk melewati pemain lawan, kemudian mengirimkan assist mudah untuk diselesaikan Calabria menjadi gol pamungkas.

Pada pertandingan putaran ke-36, Milan akan bertandang ke markas Sassuolo pada Selasa (21/7), sedangkan Bologna menghadapi lawan berat dalam diri Atalanta pada hari yang sama.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma, Davide Calabria, Simon Kjaer, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez, Ismael Bennacer (Lucas Biglia 79′), Franck Kessie, Alexis Saelemaeker (Rade Krunic 62′)s, Hakan Calhanoglu (Giacomo Bonaventura 62′), Ante Rebic (Lorenzo Colombo 82′), Zlatan Ibrahimovic (Rafael Leao 62′)
Pelatih: Stefano Pioli

Bologna (4-1-4-1): Lukasz Skorupski, Takehiro Tomiyasu (Ibrahima Mbaye 59′), Danilo (Gabriele Corbo 60′), Stefano Denswil, Mitchell Dijks, Andrea Poli, Riccado Orsolini (Andreas Olsen 75′), Roberto Soriano (Mattias Svanberg 75′), Nicolas Dominguez (Andri Baldursson 60′), Nicola Sansone, Federico Santander
Pelatih: Sinisa Mihajlovic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini