Malaysia dan Singapura akan kembali buka perbatasan untuk bisnis

  • Whatsapp
Foto aerial Woodlands Causeway antara Singapura dan Malaysia yang lengang setelah Malaysia memberlakukan "lockdown" guna mengatasi wabah virus corona (COVID-19), pada foto yang 18 Maret 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Edgar Su)

GLOBALMEDIA.ID, SINGAPURA – Otoritas Singapura dan Malaysia akan membuka kembali perbatasan untuk kegiatan bisnis dan perjalanan dinas antarnegara, kata otoritas di dua negara, Selasa.

Dengan demikian, warga dari dua negara dapat kembali menyeberangi perbatasan setelah otoritas di Singapura dan Malaysia memberlakukan pembatasan sejak pertengahan Maret.

BACA JUGA : Malaysia dan Singapura sepakati RGL dan PCA untuk lintas batas

Kementerian luar negeri di Malaysia dan Singapura, lewat pernyataan bersama, mengatakan keduanya telah menetapkan aturan berpergian untuk warganya yang memiliki visa jangka panjang untuk bekerja dan berusaha di negara lain.

Malaysia dan Singapura berharap masyarakat di dua negara dapat kembali melintasi perbatasan pada 10 Agustus. Keduanya juga telah menyepakati aturan untuk aktivitas lintas batas, termasuk untuk para pekerja yang pulang pergi menyeberangi perbatasan tiap harinya.

Sebelum perbatasan ditutup demi mencegah COVID-19, puluhan ribu warga Malaysia menyeberangi Singapura tiap harinya untuk bekerja di berbagai tempat usaha seperti restoran dan pabrik pembuatan semi-konduktor.

Malaysia juga sumber pangan utama bagi Singapura, mengingat negara itu mengimpor lebih dari 90 persen makanan dari Negeri Jiran.

Meskipun aktivitas di perbatasan dibatasi sejak pertengahan Maret, barang-barang tetap dapat menyeberangi batas dua negara.(ANTARA)

Sumber: Reuters

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar