Selain Keindahan Kota, RTH Bermanfaat Untuk Kesehatan Dan Keseimbangan Ekosistem

0
28 views
salah satu hutan kota di Kabupaten Garut

GLOBALMEDIA.ID, GARUT –  Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kabupaten Garut berupaya terus melakukan pemeliharaan Taman Kota dan Ruang Terbuka Hijau ( RTH). Saat ini di Garut terdapat delapan ruang terbuka hijau dan 27 Taman Kota.

“ Kami melakukan pemeliharaan sesuai tugas dan fungsi kami, pemeliharaan dilaksanakan secara terus menerus dengan pembersihan area hutan kota dan seputar taman di median dan tempat – tempat tertentu , merupakan keharusan untuk menjaga ekosistem yang ada didalamnya,” Katanya kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dang Sani Imansyah saat dtemui di kantornya Jalan Terusan Pahlawan Sukagalih Kecamatan Tarogong  Kidul

Ia menjelaskan, Kegunaan dari tumbuhan ditengah kota selain menyerap karbondioksida dari  asap kendaraan dan pabrik –pabrik, Tumbuhan tersebut dapat mengeluarkan oksigen yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

“ Dengan adanya ruang terbuka hijau Udara menjadi segar,” ujarnya.

Ruang terbuka hijau, menurutnya, Dari luas Kota seharunya 20 persennya  berupa lahan Hutan Kota, hal ini sejalan dengan intruksi bupati tentang penyisihan lahan untuk hutan kota.

“Hutan dan taman kota dapat menyerap gas CO2, yang dikeluarkan dari kendaraan,” tuturnya.

Ia menerangkan  Selain dapat menangkal dampak dampak dari perkembangan kota, RTH berfungsi sebagai resapan air sehingga mencegah datangnya banjir dan erosi serta bisa menjamin pasokan air.

“ RTH dapat menciptakan aspek planologis perkotaan melalui keseimbangan antara lingkungan alam dan lingkungan binaan yang berguna untuk kepentingan masyarakat.,” ungkapnya

Ia berharap, terpeliharanya kebersihan taman dan keindahannya, kota akan selalu indah dipandang dan nyaman untuk ditinggali.

“Mari kita jaga kota kita dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak tanaman-tanaman yang sudah ada,” tuturnya.(Sti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini