Jelang Fase New Normal, Masjid Istiqlal Tunggu Pengumuman Resmi Pemerintah

0
18 views
Mesjid Istiqlal

GLOBALMEDIA.ID, JAKARTA – Di tengah pandemi covid-19, Pemerintah saat ini sedang menyiapkan kenormalan baru atau fase new normal,Namun demikian, Mesjid Istiqlal belum ada rencana untuk mempersiapkan teknis ibadah dengan protokol kesehatan.

dilansir dari sura.com, Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah menuturkan hingga saat ini, pihaknya belum membuka mesjid untuk digunakan masyarakat yang ingin beribadah. Mesjid Istiqlal sementara masih ditutup, hal ini sesuai imbauan  dalam pemebatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku di DKI Jakarta.

“Istiqlal masih tutup untuk umum dan belum ada pelayanan ibadah,” kata Abu saat dihubungi Suara.com, Jumat (29/5/2020).

Ia mengatakan, pihaknya juga belum mempersiapkan sejumlah aturan ibadah di Masjid Istiqlal untuk New Normal. Ia menyebut kalau Masjid Istiqlal masih menunggu pengumuman resmi dari pemerintah terkait dengan penerapan New Normal di Jakarta.

“Kami harus nunggu dulu imbauan Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah pusat. Mereka yang lebih tahu keadaan penyebaran Covid-19 di Jakarta,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Menteri Agama Fachrul Razi mengklaim sudah membuat konsep umum yang mengizinkan rumah-rumah ibadah kembali dibuka setelah Presiden Joko Widodo akan menerapkan tatanan normal baru atau new normal di masa pendemi ini.

Menurutnya, rumah ibadah akan dibuka secara bertahap sesuai prosedur new normal.

“Kami membuat konsep umum adalah secara bertahap kegiatan ibadah di rumah ibadah duka kembali dengan tetap menaati prosedur standar tatanan baru new normal yang telah dinyatakan oleh bapak presiden pada tanggal 15 Mei 2020,” ujar Fachrul usai rapat tebatas dengan Presiden Jokowi melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Fachrul menyebut nantinya pembukaan rumah ibadah hanya dibolehkan jika sudah dinyatakan relatif aman dari Covid-19.

Sumber : Suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini