DolChoc, Inovasi Berbasis Kearifan Lokal

0
30 views
Varian rasa Dolchoc

GLOBALMEDIA.ID, GARUT – Dodol Garut PICNIC terus melakukan inovasi dan pengembangan produknya secara berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan dan selera pasar.

Direktur PT Herlinah Cipta Pratama Dodol Picnic H Ato Hermanto

Menurut H. Ato Hermanto, Direktur PT. Herlinah Cipta Pratama, produsen Dodol Garut PICNIC, bahwa strategi inovasi dan pengembangan produknya, selain mengikuti keinginan/selera pasar, juga akan tetap mengedepankan identitas kearifan lokal produknya, yaitu dodol garut, sebagai produk makanan tradisional khas kota Garut.

“Pengembangan produk terus kita lakukan agar bisa diterima pasar, namun identitas utama tetap ada,” ujar pengusaha daerah yang pernah mendapat anugrah sebagai tokoh nasional pelestari budaya dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia, tahun 2017.

Dan salah satu produk inovasi dari perusahaan dodol garut PICNIC adalah dodol salut coklat, DolChoc yang merupakan perpaduan produk lokal yang telah melegenda (dodol garut) dengan coklat yang telah disukai selera global, sehingga tercipta produk ‘glokal’ yang bisa diterima pasar tanpa menghilangkan ciri khas kelokalannya.

Bahkan belum lama ini, perusahaan telah melaunching PICNIC DolChoc varians rasa baru yang lebih kekinian, yaitu green tea, tiramisu, stroberi dan mangga. Sebuah strategi pemasaran perusahaan agar produk lokal, camilan tradisional bisa diterima sebagai camilan kekinian oleh kelompok pasar milenial.

Ke depan, perusahaan akan terus mengembangkan produk-produk ‘glokal’ baru dengan memadukan Dodol Garut dengan produk, komoditas yang merupakan kearifan lokal suatu daerah sehingga bisa mengangkat potensi ekonomi di daerah tersebut.

“Seperti daerah Ciwidey dengan potensi stroberinya, Lembang dan Pangalengan dengan susunya, Subang dengan nenasnya, ataupun Sumedang dengan umbi Cilembunya, bisa disinergikan dengan dodol garut untuk menciptakan beragam produk yang bisa diterima pasar dengan tetap berbasis kearifan lokal daerah masing-masing,” katanya penuh optimisme. (Sti*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini