Apple Buka Kembali 25 Toko di AS dan 100 Lainnya di Seluruh Dunia

0
6 views

GLOBALMEDIA.ID, – Apple minggu ini akan membuka kembali lebih dari 25 toko bermereknya di Amerika Serikat. Perusahaan juga melanjutkan proses pembukaan bertahap di hampir seperlima dari gerai ritel di seluruh dunia.

Dilansir dari Reuters, pembuat iPhone itu pada Maret lalu menutup semua tokonya di luar China guna menahan penyebaran virus corona. Sebelumnya, Apple menutup lebih dari 50 toko di China dan sekitarnya pada Januari. Perusahaan membuka kembali pada pertengahan Maret, setelah China mengurangi pembatasan pasca menurunnya serangan virus corona.

“Komitmen kami adalah untuk membuka kembali toko kami ketika kami yakin lingkungan aman,” tulis Deirdre O’Brien, Head of Retail Apple, pada Minggu (17/5) dalam sebuah catatan di situs web perusahaan.

Toko-toko akan memberlakukan aturan sosial-jarak, membatasi hunian dan beberapa hanya akan menawarkan layanan curbside atau etalase, katanya.

Apple tidak mengungkapkan pendapatan toko ritelnya. Penjualan langsung, termasuk toko ritel, penjualan web dan perusahaan, menyumbang 31% dari $ 260 miliar pada pendapatan 2019.

CEO Apple Tim Cook pada bulan lalu menolak untuk memberikan pandangan untuk kuartal Juni, karena ketidakpastian bisnis yang diciptakan oleh virus corona. Penjualan kuartal pertama Apple di China, yang mencerminkan penutupan dan penguncian toko di negara itu, hanya mencapai $ 9,46 miliar, sekitar $ 1 miliar lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Apple mengatakan pendapatan triwulanan meningkat 1% dari tahun lalu, karena pandemi global coronavirus merusak penjualan iPhone dan membuatnya lebih sulit bagi perusahaan untuk memproduksi produk-produknya.

Untuk kuartal pertama 2020, kuartal kedua fiskal Apple, penjualan mencapai $ 58,3 miliar. Itu lebih baik dari yang diperkirakan para analis $ 54,6 miliar.

Pada bulan Februari, Apple menarik perkiraan sebelumnya bahwa pendapatan akan mencapai $ 63 miliar hingga $ 67 miliar. Laba bersih per saham $ 2,55 naik 4%, juga jauh lebih baik dari yang diperkirakan analis.

Seperti halnya vendor smartphone lainnya, penjualan Apple juga terpukul karena pandemic corona. Selama tiga bulan pertama 2020, penjualan iPhone turun 7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ini menjadikan iPhone kategori yang paling terpukul dari perangkat Apple sejauh ini, di atas iPad, Mac, dan perangkat yang dapat dikenakan.

Pekan lalu, Apple membuka kembali lima toko pertamanya di Amerika Serikat, yang mengharuskan pelanggan dan karyawannya menjalani pemeriksaan suhu dan memakai masker sebelum memasuki lokasi.

Saat ini Apple memiliki 510 toko di seluruh dunia dan 271 di Amerika Serikat. Situs web 9to5Mac melaporkan bahwa perusahaan akan membuka kembali 10 toko di Italia mulai Selasa (19/5).

Sumber : Selular.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini