Perempuan Usia 113 Tahun Tertua Di Spanyol Sembuh Dari Covid-19

0
34 views
Maria Branyas, perempuan tertua di Spanyol dengan usia 113 tahun, dinyatakan sembuh dari Covid-19 (The Times)

Maria Branyas , terinfeksi pada April lalu. Panti jompo Santa Maria del Tura merawatnya. Dia sudah tinggal selama 20 tahun di sana. Maria berusaha melawan penyakit pernapasan itu dalam isolasi di kamarnya seperti dilansir dari Times of India, Rabu (13/5).

“Dia selamat dari penyakit itu dan baik-baik saja,” kata juru bicara panti jompo tersebut kepada AFP.

Maria disebutnya hanya memperlihatkan gejala ringan saat ini. “Dia merasa baik sekarang, dan hasilnya negatif,” tambah sang juru bicara.

Maria Branyas yang merupakan ibu dari tiga anak, diisolasi di kamarnya selama berminggu-minggu. Dia dirawat oleh satu perawat atau petugas medis yang berpakaian lengkap APD setiap memeriksa Maria.

Saat ditanya rahasia umur panjangnya, Maria Branyas hanya menjawab bahwa dia beruntung dan bahagia. “Saya hanya menikmati kesehatan dan bahagia,” ujarnya.

Rumah perawatan panti jompo tersebut sudah mencatat beberapa kematian terkait virus Korona selama pandemi. Anak dari Maria Branyas, Rosa Moret mengatakan kepada stasiun radio setempat bahwa ibunya kini dalam kondisi bugar.

Beberapa artikel telah dipublikasikan di media Spanyol dalam beberapa tahun terakhir tentang Maria Branyas, yang dianggap sebagai orang tertua di negara tersebut. Dia dilahirkan pada 4 Maret 1907 di San Francisco, saat ayahnya yang berasal dari Spanyol utara, bekerja sebagai jurnalis di AS.

Maria Branyas pindah ke Spanyol bersama keluarganya selama Perang Dunia I dan mengalami pandemi flu Spanyol yang melanda dunia pada 1918-19 serta perang saudara Spanyol 1936-39

Sumber : https://www.jawapos.com/internasional/14/05/2020/perempuan-tertua-di-spanyol-berusia-113-tahun-sembuh-dari-covid-19/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini