Pemkab Garut, Perpanjang Masa Belajar dan Bekerja Dirumah, Hingga 29 Mei 2020

0
333 views
Bupati Garut, H Rudy Gunawan, SH, MH, MP

GLOBALMEDIA.ID, GARUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor 443.1/6837/Kesra tanggal 13 Mei 2020  Tentang Perpanjangan Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dan Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease ( Covid-19 ),Surat edaran itu berisi tentang kegiatan belajar mandiri untuk Paud/TK, SD/MI, SMP/MTS, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ), Lembaga Pelatihan Kerja ( LPK ) diperpanjang sampai tanggal 29 Mei 2020.

Bupati Garut H Rudy Gunawan, SH,MH,MP mengatakan Surat edaran itu untuk menindaklanjuti keputusan Badan Penangulangan Bencana Nasional No 13a tahun 2020 tentang perpanjangan status keadaan tertentu Darurat bencana wabah penyakit virus Corona di Indonesia dan surat edaran menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease ( Covid-19 ), serta dalam rangka menyikapi semakin meningkatnya penyebaran Covid – 19, agar seluruh kepala perangkat daerah, Kordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan, dan kepala satuan pendidikan untuk kembali mengumumkan perpanjangan kegiatan belajat mandiri di rumah bagi para siswa siswinya.

” Adapun kebijakan yang diambil yaitu memperpanjang kegiatan belajar mandiri di rumah bagi sekolah PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTS, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ), Lembaga Pelatihan Kerja ( LPK ) sampai tanggal 29 Mei 2020″ katanya, Rabu (13/4/2020).

Ia menjelaskan, Pelaksanaan belajar mengajar dapat dilakukan dengan berbagai fasilitas sumber pembelajaran. antara lain melalui media daring, pemberian tugas pekerjaan rumah atau bentuk lainnya.

” Tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk penentukan kelulusan maupun kenaikan kelas yang dilaksanakan dalam bimbingan dan pemantauan guru, pengawas dan orang tua murid.” Ujarnya.

Selama belajar mandiri di rumah, kata dia, sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona, selalu berolahraga dalam rangka melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas ), serta rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi, rutin makan sayuran, buah – buahan dan istirahat yang cukup.

” Harapan para Guru dan Orang tua memberikan juga literasi dan pemahaman serta petunjuk pencegahan penyebaran virus Corona dari berbagai sumber serta selalu mendekatkan diri pada Allah SWT.” tuturnya.

Lanjutnya, hal yang sama diberlakukan perpanjangan bagi pelaksanaan kedinasan dari rumah masing – masing ( Flexible Working Arrangement / FWA ) diperpanjang dengan waktu yang sama.

” Mereka ( pegawai ) bisa melaporkan tugasnya melalui media informasi dan komunikasi atau media elektronik lainnya.” katanya. (Sti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini