Berikut Tanda Tanda Malam Lailautul Qadar

0
49 views
Lailatul Qadar (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)
GLOBALMEDIA.ID, – Malam Lailatul Qadar, saat yang dinantikan oleh setiap Muslim pada setiap bulan Ramadan. berbagai keutamaan pada malam tersebut tersebar keseluruh punjuru alam

Sejumlah hadis hanya menyebut malam yang lebih baik dari seribu bulan ini, ada pada 10 hari terakhir ramadan.

sementara ada sejumlah hadis yang memuat informasi mengenai tanda-tanda datangnya Lailatul Qadar. Hadis pertama diriwayatkan Imam Muslim.

” Diriwayatkan dari Zirri, ia berkata, Aku mendengar Ubay bik Ka’ab berkata, ” Tanda-tanda Lailatul Qadar adalah matahari terbit pagi harinya dengan cahaya putih tanda sinar menyeruak.”

Imam Ibn Huzaimah dalam kitab shahihnya meriwayatkan hadis demikian.

” Diriwayatkan dari Ikrimah, dari Ibn Abbas, dari Nabi SAW mengenai Lailatul Qadar, ” Lailatul Qadar adalah malam yang bebas. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Matahari memasuki pagi harinya dengan warna merah yang lemah.”

Beberapa Tanda-Tanda Alam Ini

Juga Imam At Thabarani dalam kitab Al Mu’jam Al Kabir meriwayatkan hadis berikut.

” Diriwayatkan dari Watsilah ibn Asqa’, dari Rasulillah salallahualaihi wasallam bahwa beliau berkata, ” Lailatul qadar adalah malam yang tenang. Tidak terlalu panas juga terlalu dingin. Pada saat itu tidak ada mendung, hujan dan angin. Dan ada bintang yang dilemparkan. Termasuk tanda-tandanya, matahari terbit tanpa sinar yang menyeruak.”

Dari beberapa keterangan di atas dapat disimpulkan beberapa tanda-tanda alam pada saat lailatul qadar:

– Tenang
– Tidak terlalu berhawa panas, juga tidak terlalu dingin
– Pagi harinya matahari terbit dengan sinar yang tidak menyeruak

Beberapa ulama’ menambahkan:

– Sinar cahaya bertambah di banding malam biasanya
– Hati menjadi tenang dan ringa

Sepuluh Hari Terakhir Ramadan

Dream – Sepuluh hari terakhir Ramadan akan tiba tidak lama lagi. Pada waktu ini, banyak pahala disebar melebihi hari-hari lain.

Terdapat satu malam begitu istimewa pada sepuluh hari terakhir Ramadan. Malam itu mengandung keberkahan seribu bulan, yang dikenal dengan malam lailatul qadar.

Setiap Muslim dianjurkan meningkatkan ibadah dan amal saleh dalam waktu sepuluh hari terakhir ini. Salah satu tujuannya agar tidak kehilangan malam lailatul qadar.

Dikutip dari rumaysho.com, malam lailatul qadar memiliki ciri tersendiri. Ciri ini menjadi tanda yang membedakan malam penuh keberkahan tersebut dengan malam-malam lainnya.

Berikut tanda malam lailatul qadar tersebut:

Malaikat Menurunkan Ketenangan

1. Udara dan angin sekitar terasa tenang. Tanda ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan Ath Thoyalisi.

” Dari Ibnu Abbas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” Haytsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqoh atau terpercaya.

2. Malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan dan kelezatan dalam beribadah. Tidak seperti ibadah pada hari-hari lainnya.

3. Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya seperti terjadi pada sebagian sahabat Rasulullah SAW.

4. Matahari terbit dalam keadaan jernih pada pagi harinya, tidak ada sinar.

” Dari Abi bin Ka’ab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, ‘Subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik’.” (HR Muslim).

Dilansir : dream.co.id (Ism, Sumber utama : rumaysho.com)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini