Sehat dan Bisa Tunda Lapar, Berikut 6 Sayuran yang Cocok untuk Menu Sahur

0
23 views

Terkadang kita merasa bingung memilih jenis sayuran yang cocok untuk sahur. Dilansir dari Liputan 6, ada beberapa sayuran yang cocok untuk menu sahur. Selain sehat dan bergizi, sayuran – sayuran ini juga memiliki segudang manfaat lho. Wah, bisa dicoba nih, Sahabat Dream.

Brokoli

Sayuran yang cocok untuk sahur, salah satunya adalah brokoli. Brokoli bisa menjadi pilihan sayuran hijau yang dapat dikonsumsi karena memiliki berbagai manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Brokoli merupakan sayuran yang kaya serat serta vitamin D lho.

Serat yang terkandung dalam brokoli dapat melancarkan buang air besar dan menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu vitamin D pada brokoli dapat membantu kita dalam penyerapan kalsium.

Ada berbagai cara untuk menyajikan brokoli sebagai sayuran yang cocok untuk sahur. Kamu bisa mencampurkannya dengan sup atau membuatnya sebagai campuran tumis yang menyehatkan tubuh.

Daun Selada

© MEN

Mengonsumsi daun selada bisa jadi alternatif sayuran yang cocok untuk sahur lho, Sahabat Dream. Selada memiliki kandungan serat yang tinggi dan dibutuhkan tubuh saat sahur. Kandungan serat dalam daun selada dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga membantu menjalani puasa dengan lebih lancar.

Mengonsumsi selada saat sahur dapat mencukupi kebutuhan serat dalam sehari. Selada juga mengandung banyak air sehingga dapat membuat tubuh tetap terhidrasi.

Lobak

© MEN

Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin C dan air yang tinggi. Lobak juga memiliki sifat antioksidan.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada lobak dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh seseorang dan sifat antioksidannya dapat menangkal berbagai radikal bebas.

Lobak bisa menjadi sayuran yang cook untuk sahur dan dapat memberikan manfaat kesehatan. Selain itu, dengan berbagai manfaatnya, lobak bisa menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit.

Ubi

© Pixabay.com

Jenis sayuran yang cocok untuk sahur selanjutnya adalah ubi. Ubi jalar memiliki banyak serat yang baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam ubi dapat memenuhi kebutuhan tubuh juga.

Manfaat mengonsumsi ubi saat sahur adalah dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh berkat vitamin C yang dimiliki ubi, dan dapat membuat perut kenyang lebih lama karena kandungan seratnya.

Kandungan serat dalam ubi juga dapat meningkatkan reaksi insulin yang pada akhirnya dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Wortel

© MEN

Sayuran yang cocok untuk sahur, berikutnya adalah wortel. Wortel memang sudah sangat sering dijadikan campuran berbagai jenis masakan di Indonesia.

Wortel pun punya berbagai manfaat yang baik dikonsumsi saat sahur. Kandungan vitamin A dan beta karoten dalam wortel dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Tomat

 © MEN

Tomat bisa menjadi sayuran yang cocok untuk sahur. Kandungan likopen dalam tomat dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk mencegah munculnya berbagai jensi penyakit termasuk kanker dan stroke.

Selain itu mengonsumsi tomat dapat menyehatkan keadaan hati dan menghindarkannya dari hati berlemak.

Ada berbagai cara menikmati tomat ketika sahur, bisa dijus atau dicampurkan dengan berbagai jenis masakan.

Sumber : dream.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini