Kisah Pelukis Sketsa, Bangkit Dari Keterpurukan, Hingga Karyanya Dikenal Dunia.

0
67 views
Hasil Karya Destra Yana, dengan Sketsa terapinya

GLOBALMEDIA.ID, – Yana Supriatna , akrab dipanggil Destra Yana, Seniman sketsa wajah, yang diberinama Sketsa Terapi ini, Hasil karya lukisannya telah dikenal hingga mancanegara.

Namun dibalik kesuksesannya, Dia mengalami hidup pahit yang dialaiminya, Selama 2 tahun sejak 2014 silam dirinya berjuang melawan ganggua fungsi otak yang mengakibatkan kelumpuhan sebagian anggota badannya..

“ Saat itu saya tidak berdaya, dan tidak bisa beraktivitas sama sekali, bahkan makan pun dibantu istri, sehingga merasa buat sendiri tidak berguna, apalagi buat keluarga,” katanya.

Dia mengatakan, dari kesadaran itu, untuk melatih tangannya yang tidak berfungsi, dirinya meraih pensil  kemudian mulai melatih otot motoriknya  mulai melukis dengan membuat garis diatas meja datar dengan pegangan pensil pada umumnya.

Awalnya kata dia, pada saat itu tidak dapat  bergerakan, namun dirinya tidak menyerah dan terus dicobanya.

“ Tapi dengan niat yang dilaksanakan serta ikhitar akhirnya bergerak sedikit demi sedikit, menarik garis setengah mili, satu mili meter saja ada sisi perjuangan yang kuat,” tuturnya.

Kemudian latihan otot motorik itu, dilatih terus menerus hingga bisa menarik garis lebih panjang, dan bisa menguasai garis miring dan lengkung, proses tersebut dia lakukan hampir empat bulan untuk melatih otot motriknya.

Setelah menguasai membuat garis, kemudian dia muncul gagasan untuk mencoba membuat gambar dari teman- temannya facebook, saat diposting hasil lukisannya banyak menanggapi baik hasil karyanya.

“ Ada yang bilang bagus, ada yang bilang mantap, like ( suka), saya dijadikan motivasi, dan semangat untuk terus berkarya ,” katanya

Dia mengaku, tanggapan positif yang diperolehnya menjadikan penyemangat (Spirit) baginya hingga ia dapat melukis 300 wajah dalam beberapa bulan.

Ia menjelaskan, dari proses tersebut maka munculah nama Skesta Terapi, hali ini karena melalui terapi lukis otot motoriknya kembali berjalan dengan normal.

“ Alhamdulliah dengan terapi melukis dapat pulih dari penyakit stroke, dan keterpurukan,” ujarnya.

Kini hasil karyanya telah mendunia, sebut saja teman dan sosial ada dari Inggris, Macedonia, Australia Belanda dan Jepang serta sahabat medsos dari luar Garut lainnya bahkan keluarga Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono bersama mantan ibu negara almarhumah Ani Yudhoyono telah dibuat sketsa wajah nya. (Sti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini