Di Tasikmalaya, Angka Kehamilan Naik 105 Persen , Terjadi Pada Masa Pandemi Corona

0
24 views
Ilustrasi Foto Gambar oleh Tawny van Breda dari Pixabay

GLOBALMEDIA.ID,  – Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menyampaikan data lonjakan ibu hamil pada bulan Januari hingga Maret 2020, kenaikan angka kehamilan tersebut, terjadi pada masa pandemic corona virus disease 2019 (covid-19)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Uu Supangat  mencatat total 3.219 ibu hamil beradasarkan data pada Januari hingga Maret 2020, dia merinci, pada Januari ada 1.111 ibu hamil, Februarui 1.106 dan Maret 1.002, angka kehamilan kebanyakan dari ibu muda.

“ Belum dapat dipastikan  kenaikan angka kehamilan ini, ada kaitannya dengan pandemi virus corona, karena anjuran untuk di rumah saja, seperti social distancing, dan physical distancing, dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB),”katanya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Yuyun Darmawan, peningkatan angka kehamilan mencapai 105 persen dibandingkan tahun sebelumnya dibulan  pada bulan yang sama.

” Bulan Januari hingga Maret mencapai 105 persen atau berjumlah total 3.219 orang, selama masa imbauan di rumah saja saat pandemi corona. Tahun sebelumnya sekitar 1.500 orang saja,”  katanya kepada wartawan, Senin( 4/5/20).

Ia menjelaskan,  kebanyakan ibu hamil itu, pada usia sekitar 20 hingga 45 tahun pada masa subur. Berdasarkan pencatatan data dari puskesmas, rumah sakit bersalin dan bidan-bidan praktik di seluruh wilayah Kota Tasikmalaya.

Yuyun Mengatakan, peningkatan ibu hamil  itu, selain karena masa pandemi corona, banyak pasangan muda yang baru menikah, serta yang melepaskan alat kontrasepsi untuk mendapatkan tambahan anak.

” jumlah paling banyak di Kecamatan Cibeureum 238 orang, Tamansari 217 orang dan Mangkubumi 244 orang,” ujarnya. (Sti)

Sumber : news.okezone.com, kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini