Menkominfo : Tokopedia Segera Lakukan Investigasi Internal

0
32 views
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate

 

GLOBALMEDIA.ID Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta Tokopedia Untuk segera melakukan investigasi internal tentang kebocoran data. permintaan itu karena ada insiden jual beli data pengguna Tokopedia.

Dia Mengatakan, pihaknya telah berkordinasi langsung dengan platform e-commerece tersebut.

“ Tim teknis Kominfo sudah melakukan koordinasi teknis untuk menindaklanjuti adanya isu pembobolan data pengguna,” ujar Johnny, melalui siaran pers, Minggu (3/5).

Johnny menghimbau Tokopedia untuk melakukan tiga hal utama demi menjamin keamanan data pengguna. yakni Tokopedia harus segera melakukan pengamanan sistem  untuk mencegah pelanggaran data (data Breach),kemudian harus segra memberitahu akun yang kemungkinan data pribadinya terekspos.

” Tokopedia juga harus melakukan investigasi internal untuk memastikan dugaan data breach, apabilah telah terjadi, segeram mencari penyebab data breach tersebut,” katanya

Johnny menambahkan, Kominfo telah meminta laporan tentang pemberitahuan dugaan kebocoran data kepada pemilik akun, tindakan pengamanan sistem yang diakukan, serta potensi dampak data breach kepada pemilik data.

Menurut Johnny, Pihaknya telah meminta Dirjen Aptika untuk memanggil Direksi Tokopedia agar memberikan penjelasan tentang bocornya data, dia menegaskan Pertemuan akan dilakukan Senin, tanggal 4 Mei nanti.

Sebagai informasi, insiden jual beli data Tokopedia diungkapkan melalui akun Twitter @underthebeach yang merupakan firma keamanan siber asal Israel. Di dalamnya, ada 15 juta data pengguna Tokopedia yang diretas pada bulan maret 2020 dan kini sudah dijual di dark web.

Sumber : Selular.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini